Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apakah saya akan ditawari lebih banyak pemeriksaan pada trimester ini?

Apakah saya akan ditawari lebih banyak pemeriksaan pada trimester ini?


Anda akan menghadiri janji temu prasalin hampir setiap dua minggu dalam trimester ini. Jika kehamilan Anda normal, kecil kemungkinan Anda akan ditawari melakukan lebih banyak pemeriksaan. Bidan akan memeriksa kemajuan Anda dan perkembangan bayi, dan hanya meminta pemeriksaan lebih lanjut untuk dilakukan jika ada kekhawatiran tertentu.

Apakah saya akan menjalani pemindaian ultrasonic lain?

Kecil kemungkinan Anda memerlukan pemindaian ultrasonic dalam kehamilan tua, kecuali bayi Anda kembar, bayi sebelumnya kecil, atau Anda memiliki komplikasi seperti diabetes atau tekanan darah tinggi. Bidan mungkin merekomendasikan Anda untuk menjalani pemindaian sekali lagi jika ada kekhawatiran tentang pertumbuhan dan perkembangan bayi dan untuk mengukur jumlah cairan amnion. Jika plasenta Anda letaknya rendah, pemeriksaan akan diulangi pada minggu ke-36.

Tanyakan pada ahlinya – Chrissie Hammonds Bidan Sonografi

Darah saya Rhesus negative. Pemeriksaan apa lagi yang akan perlu saya jalani?

Wanita dengan Rhesus negative kini dianjurkan untuk melakukan pemeriksaan darah padausia kehamilan 28 minggu. Anda juga akan ditawari suntikan immunoglobulin anti-D (anti-D) pada usia 28 dan 34 minggu untuk mencegah kekebalan tubuh Anda agar tidak bereaksi dengan sel-sel bayi Anda. Terkadang suntikan anti-D diberikan dalam situasi yang bisa membuat darah bayi Anda bercampur dengan darah Anda, seperti pukulan keras pada perut, pengambilan sampel vilus korionik, amniosentesis, pengakhiran kehamilan ektopik. Anda juga akan diberi anti-D sebelum menjalani versi kepala luar atau mengalami perdarahan per vaginam atau keguguran setelah kehamilan 12 minggu.

Apa yang dimaksud dengan sonografi Doppler?

Sonografi Doppler adalah pemeriksaan non-invasif yang bisa dilakukan pada saat yang sama dengan pemeriksaan ultrasonic. Alat yang digunakan sama untuk mengukur aliran darah di berbagai bagian tubuh Anda atau bayi Anda. Anda akan menjalani pemeriksaan ini jika bidan mengkhawatirkan kerja plasenta dan pertumbuhan bayi Anda. Dalam hal ini bidan akan memeriksa pemindaian pertmbuhan menggunakan sonografi Doppler untuk mengevaluasi aliran darah dalam tali pusat atau tubuh bayi sendiri. Ini akan menunjukkan apakah bayi Anda harus dilahirkan segera atau diperlukan tindakan lain untuk melindungi kesehatannya.

Haruskah saya memantau gerak bayi saya?

Belum lama ini, wanita dinasihatkan untuk memantau gerak bayinya dengan bagan tendangan bayi, di mana mereka mencatat jumlah gerak bayi pada waktu yang sama setiap hari. Tetapi bahan ini semakin tidak digunakan sekarang karena mudah terlupakan, dan pola tendangan tidak selalu sesuai, sehingga timbul kekhawatiran yang tidak perlu di antara para ibu. Ibu biasanya dinasihatkan untuk terbiasa dengan pola bayi saat terjaga dan memberitahu bidan jika dirasa ada perubahan pola. Jika Anda berkonsentrasi pada hal lain, Anda mungkin tidak memerhatikan gerakan bayi. Jika Anda ingin kepastian, rangsang bayi agar bergerak: berbaring menyamping (dengan penyangga di bawah perut) dan diam atau letakkan kaki ke atas dan bersantai. Memainkan musik pada perut Anda juga bisa merangsang bayi untuk bergerak.

Mengapa saya perlu menjalani pemeriksaan toleransi glukosa?

Pemeriksaan ini dianjurkan jika ada terlalu banyak gula dalam air seni, yang bisa merupakan tanda diabetes dalam kehamilan. Kondisi ini bisa membuat bayi menjadi sangat besar. Sebelum tes Anda akan diminta untuk tidak makan apa-apa selama enam jam. Anda kemudian akan dibawa ke klinik khusus di mana tes akan dilakukan.

Kerika tiba,, perawat akan mengambil sampel darah dari tubuh Anda. Jika Anda gugup menghadapi pengambilan darah, mintalah seorang teman untuk menemani. Sampel darah pertama digunakan untuk mengukur kadar gula dalam darah setelah berpuasa dan disebut tes baseline. Kemudian Anda akan duminta untuk minum campuran gula yang sangat manis dan darah Anda akan dites lagi dengan interval tertentu dan pengukurannya dibandingkan dengan kisaran angka normal. Sebagian besar wanita dengan gula dalam air seninya pada janji temu prasalin ternyata memiliki kadar gula darah yang normal dalam pemeriksaan toleransi glukosa.

Saya diberitahu bahwa ada protein dalam air seni saya. Apakah artinya?

Keberadaan protein dalam air seni memberikan informasi tentang kerja ginjal Anda. Sejumlah kecil protein itu biasa, dan mungkin hanya berarti bahwa ginjal Anda bekerja lebih keras daripada sebelum hamil. Tubuh Anda mungkin melawan infeksi ringan, dan bidan mungkin mengirim sampel air seni Anda untuk dianalisis, untuk menetapkan apakah Anda mengalami infeksi saluran kemih. Kemudian Anda akan mendapat resep antibiotic. Pada janji temu berikutnya bidan akan memeriksa ulang apakah protein masih ada, dan apakah jumlahnya meningkat, yang mungkin merupakan tanda pre-eklampsia. Jika sampel air seni Anda mengandung protein dalam kadar tinggi, mungkin juga akan dilakukan pemeriksaan darah untuk mengetahui ada tidaknya pre-eklampsia.

Apa itu preeklampsia?

Ini adalah kondisi yang berpotensi menjadi serius yang bisa memengarungi kesehatan Anda maupun bayi dalam kandungan Anda. Tanda-tandanya adalah kenaikan tekanan darah, oeningkatan protein di dalam air seni serta pembekakan pada jemari tangan, kaki, dan wajah. Selalu segera mencari pertolongan medis jika Anda mengamati timbulnya pembengkakan yang tidak wajar.

Pemeriksaan terakhir, Bidan akan memulai janji temu prasalin dengan menanyakan bagaimana perasaan Anda dan menjawab setiap kekhawatiran Anda. Dia akan melakukan pemeriksaan fisik untuk mengukur besar tubuh bayi dan posisinya di dalam Rahim.

Posting Komentar untuk " Apakah saya akan ditawari lebih banyak pemeriksaan pada trimester ini?"