Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Haruskah saya menghadiri kelas prasalin?

Haruskah saya menghadiri kelas prasalin?


Sebagian besar wanita merasa kelas prasalin merupakan sumber informasi yang bermanfaat, khususnya jika ini adalah kehamilan pertama. Anda disarankan mendaftar sejak dini agar tidak kecewa  karena banyak kelas penuh dengan cepat.

Apakah kelas prasalin itu?

Kelas prasalin bisa memiliki berbagai bentuk, tetapi semuanya memiliki tujuan yang sama – membantu menyiapkan Anda untuk bersalin, melahirkan, dan menjadi orangtua. Kelas yang dijalankan oleh bidan di rumah sakit umum daerah gratis, tetapi Anda mungkin harus membayar untuk kelas jenis lain, seperti National Childbirth Trust (NCT) dan Active Birt Centre. Anda bisa merasa terbantu dengan menghadiri kelas yang bukan dijalankan oleh rumah sakit atau pusat pelayanan kesehatan, pastikan bahwa pelatihnya telah mendapat pelatihan yang sesuai.

Apa itu kelas NCT?

Kelas NCT dijalankan oleh National Childbirth Trust dan diajar oleh pelatih yang terlatih baik. Selain membahas topik dalam kelas-kelas bebas, mereka menyiapkan Anda untuk membuat pilihan dengan informasi yang benar tentang persalinan dan kelahiran.

Saya tidak punya pasangan. Adakah kelas yang cocok untuk saya?

Ya, Anda bisa mencoba kelas khusus wanita. Wanita lajang dan mereka yang pasangannya hidup terpisah bisa mendapat manfaat dari kelas ini. Banyak juga di antara yang lainnya yang menikmati ikatan erat yang bisa terjalin dalam kelas khusus wanita, di mana Anda sering kali mendapat kesempatan untuk berbicara dan membahas topik yang mungkin tidak dibahas dalam kelas berpasangan.

Pasangan saya berpikir dia akan menjadi satu-satunya pria di kelas. Bagaimana saya bisa membujuknya?

Cari kelas untuk pasangan. Kelas ini biasanya untuk orangtua baru dan membantu kedua pasangan untuk terlibat dalam persiapan persalinan dan kelahiran. Bagi banyak pria, menghadiri kelas memberi mereka waktu spesifik untuk focus pada kehamilan. Ini juga merupakan kesempatan untuk bertemu calon ayah lain. Sering kali pria tidak punya kesempatan untuk membicarakan kehamilan dan menghadiri kelas ini memberi mereka kesempatan tersebut. 

Ini adalah kehamilan saya yang kedua, jadi apakah saya harus menghadiri kelas ini?

Anda bisa mempertimbangkan untuk menghadiri kelas penyegaran. Ini ditujukan bagi wanita yang sudah pernah punya anak dan terkadang menawarkan fasilitas penitipan anak di hari kerja. Hampir semua kelas prasalin sedikit atau banyak”dituntun oleh klien”, tetapi ini terutama benar bagi kelas penyegaran. Misalnya, ibu yang mengandung anak kedua sering ali ingin membicarakan pengalaman melahirkan dan mendapatkan informasi terkini tentang penelitian dan perubahan dalam praktik bersalin.

Apakah saya akan ditawari tur rumah sakit?

Mulai dari sekitar 34 minggu ke depan, Anda mungkin ditawari satu sesi di rumah sakit yang meliputi tur keliling bangsal bersalin. Ini memberi kesempatan bagi orangtua untuk mengakrabi suasana dan melihat fasilitas yang tersedia, misalnya, kolam bersalin. Sebagian rumah sakit (khususnya jika stafnya sedikit) kini menawarkan tur maya dalam CD.

Apa bedanya kelas bersalin aktif dan kelas biasa?

Penekanannya cenderung ke atah persiapan fisik positif dan partisipasi aktif dalam persalinan. Hubungi rumah bersalin untuk mendapatkan daftar pelatih terdekat atau cari-tahu kapan mereka tidak disibukkan oleh calon ibu lain.

Fakta menarik – yang akan Anda pelajari dalam kelas prasalin

Kelas prasalin membantu Anda memfokuskan perhatian pada kehamilan dan kelahiran yang akan datang, tetapi ini juga merupakan tempat yang baik untuk bertemu calon orang tua lain. Materi yang diberikan bisa bervariasi, tetapi mencakup informasi tentang hal-hal berikut:

  • Proses persalinan dan kelahiran
  • Detail prosedur dan intervensi medis
  • Anjuran dari penelitian terkini tentang kemungkinan persiapan fisik untuk menghadapi persalinan dan kelahiran
  • Nasihat tentang teknik-teknik relaksasi
  • Kesempatan untuk belajar dan mencoba keterampilan memijat dan teknik pernapasan
  • Saat untuk mengajukan pertanyaan dan melatih kemungkinan keputusan yang akan harus Anda ambil selama proses persalinan
  • Bayangan tentang apa yang akan dihadapi segera setelah kelahiran dan dalam minggu-minggu pertama menjadi orang tua.

Survey menunjukkan – kehadiran ayah

Apakah pasangan Anda akan mempersiapkan persalinan bersama Anda melalui buku dan kelas prasalin?

72% Ya, dia ingin sekali.

16% Tidak, saya yang akan memberitahunya nanti.

12% Tidak, dia tidak ada waktu.

Sumber: Berdasarkan poling BabyCentre.co.uk dari 2.298 wanita.

Posting Komentar untuk "Haruskah saya menghadiri kelas prasalin?"