Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

35. Apakah rasa sakit dan nyeri umum dirasakan pada semester kedua?

Apakah rasa sakit dan nyeri umum dirasakan pada semester kedua?


Sebagian besar rasa sakit dan nyeri di pertengahan kehamilan terkait dengan pekerjaan tambahan yang dilakukan tubuh untuk mengakomodasi bayi yang sedang tumbuh. Walaupun gejala lain hampir tak diperhatikan, ada gejala yang bisa terasa sangat nyeri. Mintalah nasihat dari bidan atau dokter cara meringankan rasa nyeri dan tidak nyaman, dan jika perlu, Anda mungkin akan dirujuk untuk menjalani fisioterapi.

Perut bawah saya terasa sakit. Apakah ini normal?

Ya, rasa sakit biasanya disebabkan oleh peregangan otot dan ligament yang menyangga Rahim. Anda mungkin akan merasakannya ketika bangkit dari posisi duduk atau pada saat batuk. Dengan beristirahat, rasa sakitnya mungkin akan berkurang. Duduklah, angkat kaki, dan tenangkan diri. Jangan lupa, ini adalah keluhan kehamilan yang sangat normal, dan memberi Anda alasan untuk mengangkat kaki. Menekuk lutut ke arah perut mungkin membuat Anda merasa baik atau cobalah berbaring di satu sisi dengan satu bantal di bawah perut dan bantal lain di antara kedua kaki. Jangan ragu untuk menelpon dokter atau bidan jika rasa sakit perut disertai dengan nyeri hebat, kram, perdarahan, demam, menggigil, atau perasaan mau pingsan.

Mengapa saya seringkali merasakan sakit dan baal pada tangan, dan bagaimana cara menguranginya?

Rasa sakit dan baal pada tangan dan jemari kemungkinan besar disebabkan oleh Carpal Tunnel Syndrome (CTS). Rasa nyeri biasanya terpusat di ibu jari, jari telunjuk, jari tengah, dan setengah bagian jari manis. Gejala bisa timbul kapan saja tetapi paling sering dimulai pada bulan kelima atau keenam kehamilan, bersama dengan pembengkakan ringan pada pergelangan kaki dan kaki. Gangguan ini timbul ketika pembengkakan pada carpal tunnel di pergelangan tangan (saluran tempat lewatnya saraf yang menuju jemari tangan) menekan saraf. Penekanan ini menimbulkan baal, berdenyut, panas, dan nyeri pada jemari dan seringkali naik sampai lengan.

Jika gejala timbul di malam hari, cobalah untuk mengenakan bidai pergelangan tangan. Bidai akan menahan pergelangan dalam posisi di mana carpal tunnel ‘terbuka’ sehingga tekanan pada saraf berkurang. Dokter, bidan, atau ahli fisioterapi bisa memasangnya untuk Anda. Cobalah menekuk tangan dan jemari secara teratur dan , jika mungkin, hindari pekerjaan yang membutuhkan gerak tangan berulang karena bisa memperburuk gejala. Duduk dengan tangan dinaikkan bisa membantu, begitu juga dengan merendam pergelangan tangan di air dingin.

Tanyakan pada ahlinya – Alison Bourne Ahli Fisioterapi

Apa yang dimaksud dengan Disfungsi Simfisis Pubis (DSP), dan bagaimana mengobatinya?

Kedua sisi panggul disatukan di bagian depan oleh sendi yang disebut simfisis pubis. Untuk membantu bayi melewati panggul, dihasilkan hormon yang melunakkan ligament dan membuat sendi panggul lebih mudah bergerak dari biasanya. Gejala DSP adalah nyeri pada daerah pubis dan selangkangan, gesekan atau cekikan di daerah pubis dan nyeri menuruni tungkai atau di antara tungkai.

Sabuk penyangga panggul bisa mengurangi gejala. Anda mungkin memerlukan fisioterapi pada pinggul, punggung, atau panggul untuk mengoreksi masalah yang mendasari dan akan diberitahu beberapa gerakan olahraga yang bermanfaat. Anda harus mendapat nasihat agar aktivitas harian tidak terlalu terasa sakit dan bagaimana cara membuat persalinan menjadi lebih mudah.

Mengapa pinggul saya terasa nyeri?

Hormon yang dilepaskan dalam kehamilan membuat ligament yang mendukung sendi menjadi rileks. Ini terjadi hampir sejak saat pembuahan sebagai cara alam untuk menyiapkan tubuh untuk melahirkan. Gerak ekstra ini membuat persendian pinggul dan panggul membantu saat melahirkan. Akan tetapi, ini juga bisa menimbulkan rasa tak nyaman yang bisa memburuk ketika ukuran tubuh dan berat badan Anda bertambah. Sebagian orang mengalami nyeri pingguk ketika bayi masuk pintu atas panggul.

Bagaimana cara mengurangi rasa tidak nyaman pada pinggul?

Yang penting adalah posisi tidur yang tepat di mana semua sendi di sekitar panggul dan pinggul tersangga baik, seperti tidur miring pada satu sisi dengan kedua tungkai tertekuk dan meletakkan bantal di antara lutut untuk menyangga seluruh panjang tungkai. Perlu juga meletakkan bantal di bawah perut agar Anda tidak berguling ke depan.

Meletakkan lapisan tambahan, seperti kantong tidur atau alas rajutan di bawah lapisan seprai juga menambah kenyamanan. Anda juga bisa menempatkan botol air panas pada pinggul untuk membantu menghangatkan. Hindari duduk dengan tungkai menyilang, dan untuk memastikan Anda duduk tegak, gunakan bantal bulat kecil atau handuk untuk menyangga lengkung di bagian punggung bawah. Anda juga harus menghindari aktivitas yang tampaknya memperburuk rasa nyeri. Jika rasa nyeri menetap, mintalah bantuan medis.

Apakah aman untuk makan obat penghilang nyeri?

Pilihan obat penghilang nyeri lebih terbatas dalam kehamilan. Aspirin harus dihindari karena memiliki efek pengenceran darah, tetapi mungkin saja diresepkan aspirin dosis rendah jika Anda sering mengalami keguguran atau menderita pre-eklampsia. Ibuprofein tidak dianjurkan karena bisa memengaruhi bayi dan memperpanjang masa bersalin. Parasetamol dianggap aman dalam dosis yang dianjurkan dan hanya digunakan sesekali. 

Suatu penelitian yang dilakukan di King’s College, London dan Bristol University menemukan bahwa calon ibu yang makan parasetamol ‘hampir setiap hari’ atau setiap hari dalam kehamilan lanjut memiliki kemungkinan dua kali lipat lebih besar memiliki bayi dengan asma. Dokter menganjurkan ibu hamil untuk makan obat penghilang rasa nyeri tidak lebih dari 1-2 hari per minggu. Hindari penghilang rasa nyeri kuat berisi gabungan beberapa bahan, dan jika Anda menderita migraine, mintalah nasihat dari dokter.

Nyeri perut bawah

Keluhan umum dalam kehamilan ini bisa berkurang dengan berbaring miring dan menggunakan bantal sebagai penyangga. Letakkan satu bantal di bawah perut dan satu lagi di antara kaki.

Jika Anda tidak melakukan hal lain…

Mintalah nasihat medis jika Anda mengalami nyeri kepala hebat atau menetap dan rasa nyeri atau nyeri tekan yang kuat pada perut bagian atas. Ini mungkin merupakan tanda pre-eklampsia, suatu kondisi dengan potensi serius.

Posting Komentar untuk " 35. Apakah rasa sakit dan nyeri umum dirasakan pada semester kedua?"