Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

31. Minggu ke-14 sampai 27 – Bagaimana perubahan tubuh saya dalam trimester ini?

Anda sudah resmi memasuki trimester kedua. Ada dua alasan mengapa ini adalah berita bagus. Pertama, risiko keguguran sudah turun drastic, dan kedua, banyak wanita merasa bahwa gejala awal kehamilan, seperti mual di pagi hari, mulai menghilang.


Anda sudah resmi memasuki trimester kedua. Ada dua alasan mengapa ini adalah berita bagus. Pertama, risiko keguguran sudah turun drastic, dan kedua, banyak wanita merasa bahwa gejala awal kehamilan, seperti mual di pagi hari, mulai menghilang.

Tubuh Anda pada usia 20 minggu

Anda sudah setengah jalan menuju garis akhir, dan Anda akan mendapati bahwa tubuh Anda yang berkembang, tetapi – berkat meningkatnya kadar pigmen – putting susu Anda menjadi semakin gela. Garis yang biasanya tak terlihat dari pusar sampai tulang pubis Anda kini menggelap. Ini disebut linea nigra.

Anda bisa memperkirakan kenaikan berat badan sekitar 450 g per minggu mulai saat ini. Penting untuk memastikan bahwa Anda makan makanan yang kaya darah yang semakin bertambah dan memenuhi kebutuhan bayi dan plasenta yang sedang tumbuh.

Pertumbuhan Rahim

Rahim Anda telah tumbuh memasuki rongga perut – bagian puncaknya mungkin mencapai pusar. Mulai sekarang pertumbuhan sekitar 1 cm per minggu. Anda juga mungkin merasakan sedikit nyeri di bagian perut bawah. Ini tidak berbahaya – ini terjadi karena peregangan otot dan ligament yang mendukung kandungan.

Sistem kekebalan tubuh

Dalam kehamilan, sistem kekebalan tubuh bisa sedikit terganggu jadi Anda mungkin lebih sering batuk dan pilek dari biasanya. Walaupun ini mengganggu dan melelahkan, kondisi ini tak akan membahayakan bayi Anda. Infeksi lain seperti cacar air dan rubella bisa menimbulkan masalah bagi bayi tergantung tahap kehamilan ketika Anda mengidap penyakit tersebut. Meskipun demikian, sebagian wanita sudah pernah mengalami infeksi ini, atau untuk rubella, sudah mendapat vaksinasi.

Hamil minggu 14

Anda mungkin merasa lebih riang dan bersemangat dibandingkan tiga bulan pertama setelah gejala awal kehamilan sudah terlewati. Sebagian wanita yang kurang beruntung bisa jadi masih merasakan mual. Jadi jika Anda belum merasa enak, hubungi bidan untuk mendapatkan nasihat. Persalinan masih berbulan-bulan lagi ke depan, tetapi payudara Anda mungkin sudah mulai menghasilkan kolostrum, susu pertama yang memberikan zat gizi bagi bayi segera setelah lahir, sebelum susu yang matang mulai mengalir.

Hamil minggu 15

Dengan perasaan Anda yang semakin energik, Anda bisa mencoba kegiatan seperti berenang, berjalan, atau aerobik ringan. Ini juga waktu yang tepat untuk mengurus hal-hal praktis bersama pasangan, seperti menghitung keuangan, membahas cuti melahirkan, dan berpikir tentang pilihan perawatan anak, jika Anda bermaksud kembali bekerja setelah melahirkan.

Hamil minggu 16

Sekitar saat ini Anda akan ditawari pemeriksaan darah prapersalinan untuk memeriksa cacat atau kerusakan bawaan. Tes penapisan dengan banyak penanda, yang di antaranya mengukur kadar alfa fetoprotein (AFP), biasanya dilakukan antara minggu ke-15 dan 20. Anda juga mungkin ditawari pemeriksaan diagnostic dan amniosentesis pada saat ini.

Hamil minggu 17

Berat badan Anda mungkin sudah naik 2,2 kg pada saat ini, dan mungkin sampai mencapai 4,5 kg. Rahim Anda terus tumbuh dan Anda mungkin merasakan denyutan rasa nyeri yang disebabkan oleh peregangan ligament dalam perut. Rasa nyeri ini biasanya sementara tetapi Rahim yang membesar akan memberikan beban tambahan pada punggung. Ini adalah saat yang tepat untuk mengatur liburan mendadak jika Anda bisa meluangkan waktu dan uang. Bepergian di trimester tengah sering kali dianjurkan karena Anda biasanya sudah melewati perasaan mual dan lelah karena hamil dan perut masih belum terlalu besar serta persalinan premature masih terlalu jauh untuk mulai dikhawatirkan.

Hamil minggu 18

Yang baru pertama kali menjadi ibu sering kali mulai merasakan gerakan bayi sekitar saat ini atau pada dua minggu berikutnya. Banyak wanita melaporkan bahwa sensasi yang pertama dirasakan seperti getaran atau seperti ada kupu-kupu dalam perut. Sayangnya, pasangan Anda belum akan bisa berbagi kesenangan ini – tendangan yang sesungguhnya biasanya belum mulai dirasakan sampai sebulan lagi atau lebih. Dengan semakin membesarnya tubuh Anda, Anda mungkin akan merasa kurang cantik.

Hamil minggu 19

Hanya tinggal seminggu lagi sebelum pertengahan usia kehamilan. Dalam beberapa minggu mendatang Anda mungkin menjalani pemindaian ultrasonik untuk memeriksa organ bayi. Melihat bayi melingkar di dalam tubuh Anda adalah peristiwa yang sangat berharga jadi ajaklah pasangan ikut serta. Jika kehamilan Anda tak bermasalah, kecil kemungkinan Anda akan menjalani pemindaian ultrasonik.

Hamil minggu 20

Tidur senyenyak di waktu hamil bisa jadi sulit dilakukan, khususnya jika Anda mengalami panas dalam perut atau gangguan pencernaan. Sesuaikan makanan Anda untuk mencoba mencegah kondisi ini dan gunakan bantal untuk menyangga perut agar Anda bisa tidur lebih nyenyak.

Selanjutnya: 32. Perubahan tubuh saya di trimester kedua minggu 21 - 27

Posting Komentar untuk " 31. Minggu ke-14 sampai 27 – Bagaimana perubahan tubuh saya dalam trimester ini?"