Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

39. Apa penyebab perubahan kulit dan rambut selama kehamilan?

Apa penyebab perubahan kulit dan rambut selama kehamilan?


Secara keseluruhan, perubahan kulit dan rambut dalam kehamilan itu positif, tetapi Anda mungkin mengalami sedikit masalah kulit. Yakinlah bahwa sebagian besar masalah ini akan hilang dalam minggu-minggu berikutnya setelah kelahiran bayi Anda.

Apakah saya akan mulai ‘berkilau’ dalam trimester ini?

Ya, ‘mekar’ atau ‘berkilau’-nya kehamilan bukan sekadar kata-kata. Kulit Anda mendapatkan banyak kelembapan dalam kehamilan, sehingga membuatnya lebih mulus, menghilangkan setiap garis halus dan kerut yang mungkin pernah ada. Kilau merah muda yang membuat Anda terlihat bersinar terjadi karena peningkatan aliran darah dalam tubuh. Ini juga bisa membuat Anda merasa sedikit merona merah.

Mengapa timbul bercak-bercak cokelat pada kulit saya?

Ini disebut kloasma, juga dikenal sebagai ‘topeng kehamilan’, yaitu berupa bercak kecokelatan pigmentasi pada kening, pipi, dan leher. Pada wanita dengan kulit yang lebih gelap, bercak ini bisa berwarna cerah. Ini disebabkan oleh peningkatan produksi melanin, hormone pigmen yang melindungi kulit dari cahaya ultraviolet. Paparan cahaya matahari akan mempergelap bercak, jadi lindungi kulit dengan tabir surya berkadar tinggi.

Ada garis gelap pada kulit perut saya, apakah itu?

Ini disebut linea nigra. Garis ini berupa garis gelap vertical yang muncul sepanjang bagian tengah bawah perut wanita yang sedang hamil, seringkali melintasi pusar. Geris ini cenderung muncul pada trimester kedua dan disebabkan oleh perubahan pigmentasi pada kulit. Belum diketahui alasan mengapa linea nigra ini muncul.

Apa penyebab timbulnya vena kecil pada wajah saya?

Kelompok kecil kapiler (pembuluh darah kecil) yang pecah atau terkadang disebut spider naevi ini, paling sering muncul di pipi, dan umum dalam kehamilan, khususnya jika Anda memang rentan. Ini disebabkan oleh peningkatan volume peredaran darah yang memberikan tekanan lebih pada kapiler, yang juga lebih sensitive dalam kehamilan. Untuk mengurangi kemungkinan timbulnya spider naevi, lindungi kulit dari suhu yang terlalu dingin atau panas, karena paparan pada suhu yang ekstrem bisa mendorong timbulnya masalah ini.

Terlihat menarik

Sebagian besar wanita mulai tampak dan merasa lebih baik dalam trimester kedua, saat berbagai gejala awal kehamilan sudah berlalu.

Mengapa timbul jerawat di beberapa tempat?

Kehamilan terkadang bisa memicu jerawat. Kadar hormon yang lebih tinggi mendorong produksi sebum – minyak yang menjaga kelembapan kulit – tetapi ini bisa membuat pori-pori tertutup. Jangan gunakan krim jerawat tanpa meminta nasihat medis terlebih dahulu.

Bisakah saya mencegah tanda peregangan (stretch maark)?

Anda tak bisa mencegah tanda peregangan, tetapi Anda bisa mencoba menguranginya. Gosokkan minyak atau krim yang kaya akan vitamin E pada perut untuk menjaga kulit tetap lembab. Hindari kenaikan berat badan terlalu pesat dengan makan diet yang sehat dan lakukan olahraga ringan.

Haruskan saya khawatir karena kulit saya terasa gatal?

Rasa gatal cukup umum. Tetapi di trimester ketiga, kulit yang gatal bisa merupakan tanda masalah hati yang serius yang disebut sebagai kolestatis obstetrik. Mintalah nasihat medis jika rasa gatal cukup berat dan khususnya jika terjadi pada telapak kaki dan telapak tangan.

Rambut Anda tidak bertambah banyak; tetapi kerontokan rambut lebih sedikit karena hormon kehamilan. Jika dalam keadaan normal rambut Anda tebal dan Anda khawatir jika lebih tebal lagi akan susah diatur, potongan rambut yang lebih pendek mungkin lebih praktis bagi Anda. Tetapi jangan lakukan sesuatu yang akan Anda sesali; sudah cukup banyak perubahan yang Anda alami.

Tips praktis

Mengkonsumsi suplemen asal folat dan makan makanan kaya folat, seperti gandum, ayam, hati sapi, dan sayuran hijau dapat mengurangi perubahan pigmentasi seperti kloasma dan linea nigra.

1 komentar untuk "39. Apa penyebab perubahan kulit dan rambut selama kehamilan?"

  1. Makasih infonya kak. Jangan lupa mampir ya. https://artikelajeng28.blogspot.com/2020/08/pembahasan-cara-diet-untuk-penderita.html?m=1

    BalasHapus