Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

49. Hak ibu hamil: yang perlu Anda ketahui

Hak ibu hamil: yang perlu Anda ketahui


Pastikan Anda mendapatkan informasi yang lengkap tentang hak ibu hamil agar Anda bisa memaksimalkan semua manfaat yang tersedia bagi Anda. Ada batas minimal cuti dan tunjangan kehamilan menurut hukum, tetapi selalu periksa kontrak kerja Anda karena kebijakan di perusahaan Anda bisa jadi lebih baik.

Hak Anda

Hak Anda untuk mendapatkan cuti atau tunjangan kehamilan tergantung pada berbagai faktor, seperti lamanya pengabdian dan gaji. Juga, Anda mungkin menemukan bahwa perusahaan Anda memiliki kebijakan sendiri tentang kehamilan, yang lebih baik dari batas minimal secara hukum. Jadi hak Anda bisa berbeda dengan kolega yang bekerja di perusahaan lain. Periksa kebijakan kehamilan perusahaan dalam kontrak kerja Anda. Cari tahu secara pasti apa yang mungkin menjadi hak Anda dengan menghubungi manajer Sumber daya manusia, Pusat pekerjaan setempat atau perwakilan kepentingan (Anda akan menemukan nomor teleponnya di buku telepon lokal).

Perlindungan kesehatan

Menurut hukum legislasi kesehatan dan keamanan Inggris, perusahaan harus melakukan tindakan yang masuk akal untuk melindungi karyawannya, dan ada perlindungan khusus jika Anda hamil, baru melahirkan dalam waktu enam bulan pertama atau jika Anda menyusui. Ini bisa memengaruhi Anda jika Anda bekerja dengan bahan kimia berbahaya, atau mengangkat beban berat, misalnya.

Ada kondisi lain yang mungkin bisa berbahaya ketika Anda hamil, seperti kejutan, getaran, bekerja di malam hari, menangani beban secara manual, dan banyak bepergian. Kelebihan mental atau fisik yang disebabkan oleh keadaan seperti berdiri untuk waktu yang lama, bekerja di ketinggian, keadaan panas atau dingin yang ekstrem atau bekerja dengan bahan biologis atau kimiawi tertentu juga bisa berbahaya.

Jika ada risiko, atasan harus mengambil langkah untuk menghilangkannya, atau mengatur agar Anda tidak terpapar risiko tersebut. Ini bisa berarti memperbaiki risiko, atau, jika ini tak dapat dilakukan, untuk sementara mengalihkan kondisi kerja Anda atau menawari Anda pekerjaan alternative yang sesuai. Jika ini tidak mungkin dilakukan, Anda harus diberhentikan dengan gaji penuh. Semua perusahaan harus melakukan ini tanpa melihat lamanya pelayanan. Perusahaan harus, jika mungkin, memberikan tempat yang sesuai bagi Anda untuk beristirahat ketika Anda hamil atau menyusui.

Janji temu prapersalinan

Anda harus bisa mengambil cuti dibayar untuk menghadiri janji temu prapersalinan jika dilakukan pada jam kerja. Anda mungkin diminta memberikan bukti bahwa Anda hamil; mungkin Anda bisa meminta surat keterangan dari dokter yang menyatakan kehamilan. Anda juga harus bisa menghadiri kelas orangtua atau prapersalinan. Anda memiliki hak tanpa melihat lamanya Anda bekerja.

Cuti melahirkan

Cuti melahirkan dapat berbeda di setiap perusahaan. Upayakan Anda mengetahui dan memahami ketentuan cuti, baik bagi ibu maupun ayah, ketika Anda mempersiapkan kehamilan. Pengetahuan ini penting bagi Anda agar Anda dan pasangan bisa merencanakan waktu cuti yang tepat. Demikian juga pahami apakah Anda masih akan menerima gaji secara penuh atau tidak.

Perawatan anak

Pegawai berhak mengambil cuti singkat untuk merawat anak yang diasuhnya. Ini bisa digunakan jika pengaturan perawatan anak terpisah, atau jika anak mengalami kecelakaan. Cuti ini tidka selalu ditanggung – ini tergantung keleluasaan atasan Anda.

Fakta menarik – tunjangan kehamilan

  • Atasan Anda mungkin memiliki kebijakan kehamilan yang harus Anda lihat ketika Anda tahu bahwa Anda hamil. Penjelasan di bawah ini mengenai jumlah minimal tunjangan kehamilan yang bisa Anda dapatkan hanya merupakan contoh yang dilakukan di inggris. Perusahaan tempat Anda bekerja mungkin membuat ketentuan yang berbeda:
  • Statutoru Maternity Pay (SMP) tersedia untuk sampai 26 minggu, bagi karyawati yang hamil yang sudah bekerja terus di perusahaan yang sama selama 26 minggu, diakhiri dengan minggu kualifikasi, yaitu minggu ke 15 sebelum tanggal perkiraan kelahiran anak. Anda perlu memberitahu atasan, dengan jumlah pemberitahuan yang benar, bahwa Anda ingin mendaftarkan diri Anda juga harus memiliki rata-rata pendapatan mingguan sedikitnya di batas bawah pendapatan untuk Kontribusi Asuransi Nasional.
  • Atasan Anda akan membayar Statutory Maternity Pay, yaitu enam minggu sebesar 90% dari pendapatan kotor rata-rata, dan sisanya sebesar standar SMP. Ini akan dibayarkan untuk 20 minggu. Bagian SDM akan bisa memberitahu Anda kapan Anda perlu mendaftarkan diri untuk mendapatkannya.
  • Jika Anda tidak memenuhi syarat untuk mendapat SMP, mungkin karena Anda baru saja memulai pekerjaan baru, atau Anda bekerja sendiri, Anda mungkin memenuhi syarat untuk mendapatkan Tunjangan Kehamilan. Ini bis adibayarkan ada mereka yang tidak memenuhi syarat untuk mendapatkan SMP dan yang sudah membayar kontribusi Asuransi Nasional selama sedikitnya 26 minggu dari 66 minggu yang berakhir di minggu sebelum minggu perkiraan kelahiran.

Selanjutnya: 50. Haruskah saya mulai memikirkan perawatan anak?

Posting Komentar untuk " 49. Hak ibu hamil: yang perlu Anda ketahui"