Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Untuk Mengurangi Stress Selama Masa Kehamilan

Cara Untuk Mengurangi Stress Selama Masa Kehamilan


Mengalami beberapa kali stress ringan biasanya tidak berdampak negative bagi janin di kandungan, hal itu termasuk wajar jika dialami dalam intensitas yang rendah selama masa kehamilan. Namun jika stress yang dialami terjadi terus menerus serta menjadi berkepanjangan, maka mintalah bantuan dokter untuk mengatasi hal tersebut. Lalu apa yang bisa dilakukan oleh ibu hamil untuk mengatasi stress, berikut ulasannya.

1. Istirahat yang cukup

Mudah lelah serta kurang bertenaga biasanya menjadi salah satu keluhan yang banyak dialami ibu hamil. Maka istirahat atau tidur siang sangat penting bagi kesehatan guna mendukung kehamilan yang sehat. Terlebih jika kehamilan sudah mencapai 23 minggu, rebahan sembari berkomunikasi dengan jabang bayi akan sangat bermanfaat untuk dilakukan.

Baca Juga: 22. Kecemasan telah mengganggu kehamilan saya. Apa yang bisa saya lakukan?

2. Makanan Bergizi

Beberapa makanan yang sebaiknya banyak dikonsumsi selama kehamilan diantaranya adalah ikan salmon, kacang-kacangan, daging tanpa lemak, buah-buahan serta yoghurt dan susu. Selain untuk menghindari stress, nutrisi yang baik juga akan mempengaruhi tumbuh kembang janin serta mengurangi tekanan darah. Memperbanyak air putih juga baik untuk menjaga konsentrasi.

3. Olahraga Teratur

Ada banyak jenis olahraga yang bisa dilakukan oleh ibu hamil tanpa perlu merasa khawatir sedikit pun, selain bagus untuk pengendalian stress, beberapa jenis olahraga juga sudah dipastikan aman bagi jabang bayi. Contohnya seperti berjalan kaki, yoga, pilates, berenang, atau bersepeda statis. Tujuan lain dari olahraga sendiri adalah untuk meregangkan tubuh serta mengatur teknik pernapasan yang baik sebagai lagkah awal mempersiapkan persalinan. Olahraga juga baik untuk memanajemen berat badan yang biasanya melonjak selama masa kehamilan.

4. Relaksasi

Pijat adalah salah satu cara yang ampuh untuk menghilangkan stress. Mintalah pasangan untuk memijat punggung bagian bawah secara hati-hati, atau bisa juga mengunjungi spa maupun salon kecantikan yang menyediakan perawatan pijat kehamilan. Lakukan ini beberapa kali selama masa kehamilan guna memperbaiki mood ibu hamil yang seringkali berubah. Selain itu aromaterapi juga bagus untuk menghilangkan stress serta membuat suasana menjadi lebih tenang. Tidak adalah salahnya untuk membeli itu guna disimpan di kamar maupun beberapa ruangan.

Posting Komentar untuk " Cara Untuk Mengurangi Stress Selama Masa Kehamilan"