Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

44. Bagaimana kami bisa menentukan nama bayi?

Bagaimana kami bisa menentukan nama bayi?


Memilih nama bayi bisa menyenangkan, tetapi juga sangat membuat frustasi! Yang terbaik adalah mulai memikirkannya sekitar setengah waktu kehamilan dan mencoba berbagai kombinasi. Jangan terkejut jika Anda dan pasangan sering berubah pikiran, tetapi pastikan Anda menetapkan pilihan saat bayi sudah lahir.

Pasangan dan saya tak bisa sepakat pada satu nama. Apa yang harus kami lakukan?

Jika memilih nama sulit dilakukan oleh satu orangtua, mencari satu nama yang disukai oleh berdua lebih sulit lagi. Bisa menjadi suatu pukulan jika Anda sudah lama menyukai satu nama tertentu, tetapi ditolak mentah-mentah oleh pasangan; atau jika dia bertekad memberi anak laku-laki Anda nama berbau sepakbola padahal Anda tidak menyukai olahraga. Salah satu cara menghindari ini adalah membuat daftar kemungkinan saat Anda masih hamil. Buatlah kolom terpisah untuk anak perempuan dan anak laki-laki. Telusuri daftar dan tandai yang Anda sukai dan mana yang tidak, dan minta pasangan melakukan hal serupa. Kemudian buatlah daftar yang lebih singkat. Sering-seringlah melihat daftar tersebut, karena perasaan Anda mungkin akan berubah. Jika Anda berdua memiliki lebih dari satu nama favorit, Anda selalu bisa berkompromi dengan menggunakan salah satunya sebagai nama tengah. Ketika memilih nama, waspadai juga gabungan inisial yang tidak diinginkan seperti SAD (=sedih).

Fakta menarik – mendaftarkan kelahiran

  • Kelahiran bayi Anda harus tercatat dalam waktu enam minggu di inggris, Irlandia Utara, dan Wales, dan dalam waktu tiga minggu di Skotlandia.
  • Pastikan Anda yakin dengan nama bayi Anda karena jika Anda mengubahnya – bahkan ejaannya – harus dikeluarkan sertifikat baru.
  • Jika Anda menikah, hanya salah satu dari Anda berdua yang perlu mendaftarkan kelahiran, tetapi jika Anda tidak menikah dan ayah si bayi menginginkan namanya tercatat di sertifikat, maka Anda berdua harus hadir.

Sepertinya tak seorang pun menyukai nama yang kami pilih. Haruskah kami menggantinya?

Bergitu Anda menentukan satu nama yang disukai oleh berdua, Anda bisa berkecil hati jika orang lain tidak menyikainya. Ini adalah pilihan yang sangat personal dan Anda tak akan pernah bisa membuat semua orang senan, jangan berubah pikiran karena orang lain. Lebih sulit jika anggota keluarga yang tidak berkenan, tetapi semuanya tergantung pada diri Anda. Ingat bahwa nama menempel pada seseorang, dan begitu anak Anda dikenal dengan namanya sendiri, semua orang akan menjadi terbiasa. Alternatifnya adalah tidak memberitahu siapa pun jadi Anda tak perlu menghadapi reaksi orang lain.

Nama anak lelaki yang kami sukai sudah sangat populer. Haruskah kami mempertimbangkan ulang?

Nama memang ada musimnya, dan masalah yang timbul ketika memilih nama yang sudah populer adalah anak Anda akan memiliki nama yang sama denan anak-anak yang lain. Misalnya, Anda memberi nama Jack, mungkin dia adalah salah satu dari beberapa Jack di kelasnya. Dia kemudian akhirnya dikenal dengan nama lengkapnya, atau inisial nama belakangnya ditambahkan pada akhir nama depannya.

Kami menghadapi tekanan untuk memberi nama keluarga pada anak kami. Apa yang harus kami lakukan?

“Nama keluarga” bisa jadi kolot dan terdengar janggal karena panjangnya tradisi, atau mungkin hanya tidak sesuai dengan selera Anda. Dalam beberapa kebudayaan, anak diharapkan untuk diberi nama sesuai nama orangtua, kakek nenek, atau kerabat lain, baik nama tersebut Anda sukai maupun tidak. Keuda situasi ini bisa jadi sulit, tetapi ada cara untuk menghadapi tradisi tanpa bersikap menentang. And abisa “mengubur” nama tersebut dengan menggunakannya sebagai nama tengah. Jika Anda menggunakannya sebagai nama depan anak Anda, Anda bisa memberikan ejaan atau panggilan yang lebih modern dari nama tersebut.

Kami berasal dari kebudayaan yang berbeda. Bagaimana kami bisa menemukan nama yang tepat bagi bayi kami?

Menggabungkan keduanya layak dicoba karena bisa menimbulkan rasa memiliki pada kedua sisi akar budayanya. Misalnya, suami Anda orang Yunani dan Anda orang Inggris, Anda mungkin bisa berkompromi dengan memilih nama Yunani yang mudah diucapkan dalam bahasan Inggris, seperti Anna untuk anak perempuan, Anda juga bisa memilih nama depan dari satu budaya dan nama tengah dari budaya yang lain. Buatlah eksperimen dengan berbagai kombinasi nama sampai Anda menemukan yang cocok.

Apakah nama tengah benar-benar penting?

Nama tengah itu pilihan, tetapi bisa membantu membedakan anak Anda dari anak lain yang memiliki nama depan dan belakang yang sama. Ini bisa menjadi tempat untuk nama kakek atau nenek tercinta atau bahkan satu nama dari masing-masing keluarga. Anda akan bisa melacak silsilah keluarga dan menemukan moyang dengan nama yang tidak biasa dan menarik, untuk memberikan sentuhan sejarah pada anak Anda; atau Anda mungkin ingin memberi kehormatan pada teman sejawat, guru favorit, pahlawan olahraga, atau bahkan bidan! Sebagian anak tumbuh dan tidak menyikai nama depannya, dan memilih untuk menggunakan nama tengahnya saja, jadi ini layak untuk dipikirkan.

Saya mengandung anak kembar. Bagaimana saya bisa menemukan nama yang sesuai?

Ketika memberi nama pada anak kembar, tak ada aturan yang kaku atau bebas. Sebagian orang memilih nama yang dimulai dengan huruf yang sama, yang lain memilih nama yang memiliki jumlah suku kata yang sama. Anda bisa mempertimbangkan untuk menggunakan tema. Misalnya, Lily dan Poppy sama-sama nama bunga; Eljah dan Joel adalah dua nama yangberarti “Tuhan” dalam Bahasa Yahudi.

Pengalaman pembaca

“Ingatlah untuk mempertimbangkan ejaan namanya juga. Mama saya mengeja nama saya “Sahra”. Ini diucapkan seperti Sara BUKAN Sarah. Seumur hidup selalu ada orang yang bertanya pada saya apakah saya mengeja nama saya dengan benar. Tolong pikirkan tentang ejaan yang tidak biasa, para calon mama dan papa. Ini akan membuat hidup anak menjadi lebih mudah”. Sahra

“Saya percaya bahwa orang akan mirip seperti namanya, sehingga anak saya belum memiliki nama hingga tiga hari setelah kelahirannya! Sebagian orang menganggap saya sedikit gila karena merasa seperti ini, tetapi ini berhasil dengan baik bagi kami. Keduanya tampak memiliki kecocokan antara nama dan kepribadiannya.” Miki

“Saya melahirkan anak pada tahun 1980-an dan memberi mereka nama – tunggu – Kyle dan Jayson. Saya sangat menyesalinya dan saya punya nasihat bagi orangtua lain: jangan memutuskan untuk memberi nama anak sesuai nama orang ‘beken’!” Monik

Posting Komentar untuk "44. Bagaimana kami bisa menentukan nama bayi?"