Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

28. Bagaimana pengaturan keuangan kami, Haruskah kami menabung sebagai persiapan kelahiran anak kami?

Bagaimana pengaturan keuangan kami?

Bayi bisa memicu kekhawatiran bagi Anda dan pasangan, khususnya jika Anda ingin memperpanjang waktu cuti atau berhenti bekerja. Tinjaulah kembali pendapatan dan pengeluaran Anda agar Anda bisa menabung, dan mencaritahu manfaat yang mungkin bisa Anda dapatkan.

Saya khawatir kami tak akan punya cukup uang begitu si bayi lahir. Bagaimana kami bisa mulai menabung?

Hanya sedikit orang yang tahu berapa banyak uang yang mereka habiskan dalam seminggu, sebulan, atau setahun. Dan hampir semua orang kaget bila ditunjukkan secara tertulis betapa merea sesungguhnya banyak membuang uang untuk hal-hal yang sia-sia dan barang konsumtif yang tidak berguna. Jika Anda ingin mengurangi pengeluaran Anda, cara terbaik adalah menuliskan semua pengeluaran Anda dalam sebulan dan menganalisanya. 

Anda mungkin akan merasa lebih baik jika Anda menyingkirkan pengeluaran yang tak memuaskan: benda-benda yang Anda beli dan tak pernah Anda gunakan, atau yang membuat Anda merasa bersalah. Mungkin juga untuk memotong 15 sampai 25% pengeluaran dengan beberapa langkah sederhana.

Mulailah dengan meninjau ulang hipotek, kartu kredit, asuransi, dan keperluan. Ada beberapa perusahaan keuangan yang memberikan penawaran yang lebih bagus dan mungkin selama ini Anda membayar bunga terlalu tinggi; denganberalih perusahaan, Anda dapat mencari penawaran terbaik.

Singkirkan kartu fasilitas, kartu kredit, dan kartu toko yang berlebihan untuk mengurangi godaan penggunaannya. Dengan demikian Anda tak pernah bisa membeli barang ketika Anda tak punya uang. Jika Anda benar-benar tak bisa menyingkirkan kartu kredit, cobalah cari yang memiliki tingkat bunga paling rendah atau membolehkan transfer tanpa biaya.

Mana yang harus saya mulai lebih dahulu, menabung atau membayar hutang?

Anda harus membayar utang secepat mungkin, karena tingkat bunga untuk membayar hutang pasti lebih besar daripada tingkat bunga yang Anda dapatkan dari menabung. Penasihat finansial berkata bahwa satu-satunya ‘utan yang bagus’ adalah utang hipotek. Pastikan Anda mengetahui rincian dari setiap pinjaman, kartu kredit, dan kartu toko yang Anda miliki. Anda harus memulai dengan mengurangi utang yang paling mahal terlebih dahulu, khususnya kartu kredit. Ini cenderung emiliki tingkat bunga terbesar atau memiliki denda jika terlambat membayar. Akan tetapi, perhatikan bahwa untuk beberapa bentuk kredit Anda akan mendapat penalty jika membayar di muka, jadi bicaralah keterangan sampai yang sekecil-kecilnya.

Saya hamil 12 minggu. Haruskah saya mulai menabung sekarang?

Ya, menabung sebanyak mungkin sebelum bayi Anda lahir, tak peduli apa pun rencana masa depan Anda. Merupakan nasihat yang masuk akal bagi setiap orang apabila memiliki uang darurat untuk tiga bulan dan jika Anda belum memilikinya kini adalah saat yang bagus untuk memulai. Mungkin Anda akan terlalu lelah untuk pergi dan mungkin enggan membeli baju baru, jadi gunakan pendapatan tambahan ini dengan bijak.

Saya tahu saya seharusnya menabung, tetapi bagaimana jika saya tak bisa membuat anggaran?

Jangan katakana anggaran, katakana saja rencana pengeluaran. Anggaran adalah salah satu kata yang menyengsarakan seperti diet yang hanya bisa dipatuhi oleh orang yang masokis, sedangkan rencana pengeluaran adalah tentang membuat prioritas dalam mendapatkan hal-hal yang Anda inginkan. Tuliskan semua pengeluaran Anda dalam seminggu untuk melihat di mana Anda membuang uang. Misalnya, apakah Anda makan di luar dua kali seminggu? Atau apakah Anda mengendarai mobil ke tempat-tempat yang bisa didatangi dengan berjalan kaki sehingga dapat menghemat biaya bensin dan parker? Rencanakan pengeluaran Anda dengan memisahkan antara pengeluaran yang pasti, beragam, dan bebas, dan kemudian buat prioritas untuk masing-masing barang.

Saya ingin berhenti bekerja setelah punya bayi, tetapi bagaimana saya dan pasangan bisa hidup dengan satu sumber pendapatan saja?

Hanya sedikit keluarga dengan dua pendapatan yang bisa membayangkan apa jadinya jika kehilangan salah satunya, tetapi wanita yang memustuskan untuk tidak kembali bekerja sering kali merasa secara finansial lebih mudah untuk menyesuaikan diri dari yang diduga. Ada biaya yangberhubungan dengan pergi bekerja, seperti biaya perjalanan, kopi, membeli pakaian, dan bersosialisasi dengan kolega. Anda akan terkagum-kagum melihat betapa Anda sesungguhnya bisa menabung begitu Anda tidak bekerja.

Tips praktis

Dapatkan perawatan gigi gratis, pemberian multivitamin, maupun imunisasi gratis yang diselenggarakan oleh Posyandu maupun instansi kesehatan terkait. Hal tersebut bisa menghemat cukup banyak dari pengeluaran bulanan Anda.

Posting Komentar untuk "28. Bagaimana pengaturan keuangan kami, Haruskah kami menabung sebagai persiapan kelahiran anak kami?"