Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7. 0-13 minggu – Bagaimana perubahan tubuh saya dalam trimester ini?

0-13 minggu – Bagaimana perubahan tubuh saya dalam trimester ini?

Tantangan dalam tiga bulan pertama adalah mengatasi gejala kehamilan yang disebabkan oleh perubahan hormonial. Gejala ini akan berkurang setelah plasenta mengambil alih produksi hormon dan Anda mulai melihat tanda-tanda awal ‘penonjolan’.

Tubuh Anda pada 6 minggu 

Seperti sebagian besar wanita, Anda akan merasa hamil jauh sebelum Anda tampak hamil karena perubahan hormonial yang terjadi dalam tubuh Anda. Kadar hormone meningkat secara dramatis pada minggu-minggu awal kehamilan. Kadar estrogen meningkat untuk menstimulasi perkembangan kalenjar susu agar Anda bisa menyusui bayi Anda, tetapi akibatnya payudara Anda terasa nyeri dan sensitive. Kadar progesterone melingkar menimbulkan gejala awal kehamilan yang tak di inginkan seperti lelah dan mual di pagi hari. Untungnya tubuh Anda sudah beradaptasi dengan perubahan hormonal ini pada trimester kedua.

Mual di pagi hari

Tiga dari empat wanita hamil mengalami mual – terkadang disertai muntah – khususnya pada trimester pertama. Bagi banyak orang, gejala ini lebih buruk di pagi hari, sehingga sering disebut morning sickness. Bagi sebagian yang lain, gejolak dalam perut berlangsung pagi, siang, dan malam. Perasaan mual biasanya mulai timbul pada minggu ke-6 dan menghilang sekitar minggu ke-14. Kemungkinan besar ini disebabkan oleh hormone kehamilan, walaupun dokter masih belum yakin mengapa dan bagaimana itu terjadi.

Rahim Anda

Anda mungkin tidak tampak atau bahkan tidak memperlihatkan kehamilan Anda, tetapi Rahim berkembang untuk mengakomodasi bayi yang sedang tumbuh. Sebelum hamil, Rahim Anda seukuran kepalan tangan; kini sebesar jeruk besar. Saat tumbuh mungkin merasakan kram perut dan sedikit nyeri seperti tertusuk.

Minggu 0-2

Dokter menghitung awal kehamilan dari haripertama haid terakhir, jadi Anda tidak benar-benar hamil dalam dua minggu pertama. Hormone dalam dua minggu pertama siklus menyiapkan tubuh untuk kemungkinan hamil, terjadi penebalan dinding Rahim agar siap menerima telur yang sudah dibuahi.

Minggu 3

Hanya satu dari barisan sperma yang akan berhasil membuahi telur. Setelah melalui saluran telur, telur yang telah dibuahi bersarang dalam Rahim dan menyiapkan tempat tinggal untuk Sembilan bulan selanjutnya. Anda tak akan tahu bahwa Anda hamil, tetapi Anda akan segera memerhaitkan tana-tanda awal kehamilan: lelah, sering berkeming, serta payudara terasa bengkak dan nyeri bila tersentuh. Anda juga mungkin mengalami sedikit bercak darah selama beberapa hari sekitar saat haid berikutnya. Sebagian wanita mengelirukan perdarahan implamantasi ini dengan menstruasi, tetapi tidak semua wanita mengalaminya.

Minggu 4

Kini sudah lewat 28 hari tetapi Anda belum haid juga. Cobalah tes kehamilan di rumah. Anda juga mungkin ingin mulai mengkonsumsi asam folat jika selama ini belum. Mintalah nasihat dari dokter jika Anda sedang mengkonsumsi obat-obatan; beberapa minggu kemudian sangat penting bagi perkembangan bayi dan ada beberapa jenis obat yang taka man untuk di konsumsi.

Minggu 5

Jika Anda biasa olahraga teratur, kebiasaan tersebut aman untuk dilanjutkan selama hamil sampai ketika kandungan sudah membesar yang mengakibatkan beberapa jenis olahraga lebih sulit dilakukan. Jika Anda sebelumnya tak terbiasa berolahraga, kini adalah saat yang baik untuk memulai. Berolahraga membantu Anda agar tonus, kekuatan, dan ketahanan otot Anda baik. Olahraga juga membantu Anda menghadapi beban tambahan yang akan Anda alami (atau mencegah agar berat badan Anda tidak bertambah terlalu banyak), membuat Anda bugar saat bersalin – dan memudahkan Anda kembali ke bentuk tubuh semula setelah melahirkan.

Minggu 6

Gejala kehamilan terus berlanjut atau dimulai pada minggu ini. Banyak wanita mengalami mual yang bisa berlangsung sepanjang hari, lelah, rasa tidak nyaman karena payudara terasa nyeri, dan ingin berkemih lebih sering. Semua ini normal dan hanya bagian dari kehamilan dan tak akan berlangsung selamanya. Sebagian wanita juga mengalami nyeri kepala. Makanlah dengan baik pada setiap tahap kehamilan agar bayi Anda mendapat semua zat gizi yang dibutuhkan. Hidangan porsi kecil tapi sering dan banyak minum bisa membantu mencegah gangguan pencernaan serta melawan rasa mual dan lelah.

Minggu 7

Tanda-tanda fisik kehamilan belum tampak, tetapi rasa lelah dan mual bisa membuat Anda merasa rendah diri. Sebagai kompensasi, lepaskan beban sebisa mungkin di rumah dan pada saat yang sama libatkan pasangan dalam kehamilan. Perbanyak istirahat. Mungkin Anda mengira bahwa tidur malam Anda akan terganggu setelah kelahiran bayi, tapi ada sebagian wanita yang merasa tidurnya terganggu sejak awal kehamilan. Terkadang penyebabnya adalah perubahan fisik – Rahim Anda yang sedang tumbuh menekan kandung kemih sehingga Anda harus sering bolak-balik ke kamar kecil di malam hari. Atau mungkin nyeri payudara membuat Anda tidak bisa merasa nyaman.

Posting Komentar untuk "7. 0-13 minggu – Bagaimana perubahan tubuh saya dalam trimester ini?"