Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

9. Perawatan prapersalinan seperti apa yang akan saya dapatkan?

Perawatan prapersalinan seperti apa yang akan saya dapatkan?

Anda akan mendapatkan serangkaian pemeriksaan prapersalinan sepanjang kehamilan untuk memantau kesehatan Anda dan perkembangan bayi Anda. Pemeriksaan pertama harus dilakukan sebelum akhir semester pertama. Kontak utama Anda adalah dengan bidan yang bisa Anda hubungi kapan saja di antara setiap janji – temu – konsultasi jika diperlukan.

Apa yang disebut janji-temu-konsultasi?

Janji-temu-konsultasi adalah pemeriksaan kehamilan resmi yang pertama yang terjadi di rumah sakit tempat Anda akan menerima sebagian besar perawatan prapersalinan. Janji temu ini akan membuat bidan dan seluruh tim yang menangani Anda bisa merawat Anda dengan memanfaatkan informasi penting mengenai riwayat medis dan gaya hidup Anda. Pada pertumuan pertama ini biasanya para ibu juga memesan tempat di rumah sakit untuk persalinan.

Kapan dilakukan janji-temu-konsultasi?

Anda mungkin memeriksakan diri ke dokter sebelum mengetahui bahwa diri Anda hamil dan dokter akan mengatur janji-temu-konsultasi. Biasanya janji-temu-konsultasi dilakukan pada minggu ke-10 sampai ke-14, tetapi National Institute for Clinical Excellence (NICE) kini menganjurkan agar janji temu ini dilaksanakan lebih awal. Dengan demikian bidan bisa memberi Anda informasi tentang diet dan gaya hidup serta memberitahu Anda berbagai pemeriksaan yang tersedia agar Anda punya waktu untuk memutuskan apa yang terbaik bagi Anda. Kontak awal ini bisa dilakukan melalui telefon sekitar usia kehamilan 8-10 minggu, diikuti dengan janji temu yang lebih mendalam beberapa minggu kemudian.

Mengajukan pertanyaan

Bidan akan menjawab pertanyaan apa pun yang Anda ajukan tentang kehamilan. Akan bermanfaat jika Anda memiliki daftar hal-hal yang ingin Anda tanyakan sebelum memenuhi janji temu tersebut.

Apa yang terjadi dalam janji temu pertama?

Bidan akan bertanya tentang riwayat medis dan gaya hidup Anda. Dia akan memerikan tekanan darah, mengukur tinggi dan berat badan untuk menghitung indeks massa tubuh Anda, dan mengambil contoh darah serta urin. Dia akan menghitung usia kehamilan Anda berdasarkan informasi yang Anda berikan. Pertemuan ini adalah kesempatan yang baik bagi Anda untuk mengajukan pertanyaan dan berdiskusi tentang tempat melahirkan.

Seberapa sering saya akan menjalani pemeriksaan prapersalinan?

Tiap daerah memiliki kondisi yang berbeda, tapi direkomendasikan seorang ibu yang baru pertama kali hamil dengan kehamilan tanpa komplikasi menjalani 10 kali pemeriksaan prapersalinan pada minggu ke-16, 18-20, 25, 28, 31, 34, 36, 38, 40 dan 41 (jika bayi Anda belum lahir pada saat itu). Wanita yang sudah pernah punya bayi, dan yang kehamilannya tanpa komplikasi, akan menjalani tujuh pemeriksaan pada minggu ke-16, 18-20, 28, 34, 36, 38, dan 41. Jika Anda tidak puas dengan waktu jeda antarkunjungan, bicarakan dengan bidan.

Apakah saya akan selalu bertemu bidan yang sama?

Mungkin tidak. Ada tempat yang memiliki ‘perawatan satu-banding-satu’ di mana Anda akan bertemu bidan yang sama, atau penggantinya. Atau tempat Anda memeriksakan diri mungkin memiliki sekelompok bidan. Walaupun begitu, biasanya Anda akan bertemu beberapa bidan yang bekerja di tempat praktik dokter Anda, dan mungkin Anda tidak bertemu bidan yang berbeda pada setiap kali kunjungan. Tak ada jaminan bahwa Anda akan didampingi bidan yang sudah Anda kenal saat bersalin, tetapi jika Anda dirawat oleh satu tim kemungkinan besar Anda akan bertemu salah satu di antara bidan tersebut.

Hanya untuk para ayah

Menghadiri janji-temu-konsultasi

Cobalah untuk datang ke janji-temu-konsultasi sesering Anda bisa. Mendampingi pasangan adalah cara yang luar biasa untuk menunjukkan dukungan dan mempelajari tentang kehamilan, persalinan, dan bayi Anda yang sedang tumbuh. Paling tidak, datanglah pada pertemuan yang penting, seperti janji temu pertama (ketika Anda akan ditanya tentang riwayat kesehatan keluarga), mendengar bunyi denyut jantung bayi Anda, pemindaian ultrasonic, dan setiap pemeriksaan kesehatan.

Fakta menarik – pertanyaan yang akan diajukan bidan

Pada janji temu pertama, bidan ajan menanyakan hal-hal berikut:

Tanggal haid terakhir: bidan menghitung tanggal perkiraan persalinan dari tanggall haid bulanan terakhir (HPHT). Anda juga akan ditawari pemindaian tanggal untuk mendapatkan usia kehamilan yang lebih akurat dan memeriksa apakah Anda mengandung lebih dari satu bayi.

Riwayat keguguran, akhir kehamilan, dan persalinan sebelumnya: ‘riwayat obstetri’ Anda sangat penting dan bisa memberi informasi pada seberapa baik Anda menghadapi kehamilan yang sekarang, serta bisa memengaruhi cara penanganan persalinan.

Riwayat penyakit/kondisi genetic dalam keluarga: kini sudah tersedia pemindaian untuk kondisi genetic yang telah diketahui seperti misalnya fibrosis kistik, sehingga bila ada riwayat tersebut dalam keluarga Anda, bidan bisa menjelaskan dan mengatur agar dilakukan pemeriksaan. Memiliki riwayat alergi, penyakit jantung atau kondisi medis berat lainnya dalam keluarga juga bisa berpengaruh pada kehamilan Anda. Jadi bersiaplah dengan informasi yang relevan tentang riwayat medis Anda dan pasangan.

Gaya hidup Anda: bidan akan bertanya tentan gapakan Anda minum alcohol dan merokok, jika ya, berapa banyak Anda mengkonsumsinya. Kerena kedua hal tersebut bisa memengaruhi kesehatan bayi Anda, bidan akan memberikan nasihat dan menghubungkan Anda dengan organisasi yang bisa membantu Anda untuk berhenti. Dia juga akan bertanya tentang diet Anda dan memberikan nasihat jika perlu.

Posting Komentar untuk "9. Perawatan prapersalinan seperti apa yang akan saya dapatkan?"