Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10. Mengapa saya perlu melakukan tes darah dan urin?

Mengapa saya perlu melakukan tes darah dan urin?

Darah dan urin Anda akan diperiksa selama kehamilan untuk memantau kesehatan dan mendeteksi kondisi yang berotensi menimbulkan bahaya. Pemeriksaan darah awal dilakukan untuk mengidentifikasi golongan darah, memeriksa adanya anemia, dan berbagai jenis infeksi. Urin diperiksa untuk mengetahui kandungan protein dan gula, keduanya bisa menunjukkan kondisi yang berpotensi menimbulkan kegawatan.

Mengapa darah saya di tes?

Tes darah adalah bagian rutin dari pemeriksaan prapersalinan. Ini dilakukan untuk mengetahui golongan darah, apakah Rhesus Anda positif atau negative, kadar zat besi, dan kekebalan terhadap rubella (campak jerman). Darah Anda juga diperiksa untuk melihat apakah ada kuman sifilis atau hepatitis B. jika ada alasan khusus untuk diwaspadai, Anda juga bisa meminta dilakukan pemeriksaan toksoplasmosis atau hepatitis C. semua wanita hamil kini ditawari tes HIV/AIDS, tetapi Anda tak perlu menjalaninya jika tidak ingin. Tes darah awal sangat penting karena memberi informasi penting pada Anda dan dokter atau bidan tentang kesehatan dan setiap kemungkinan masalah yang bisa Anda alami selama kehamilan.

Tanyakan pada ahlinya – Chrissie Hammonds Bidan Sonografi

Saya diberitahu bahwa jumlah trombosit dalam darah saya sedikit rendah. Apa artinya?

Trombosit adalah sel-sel kecil yang beredar dalam darah ke seluruh tubuh. Sel-sel kecil ini memegang peran penting dalam pembekuan darah dan melawan infeksi. Jumlah trombosit yang sedikit menurun selama kehamilan masih normal, dan sampai 80% wanita hamil memiliki jumlah trombosit antara 100 dan 150 juta per mililiter darah. Ini disebabkan karena tubuh Anda lebih banyak menghasilkan bagian cairan darah (plasma) selama kehamilan, sehingga trombosit menjadi lebih terlarut. Ini tidak memengaruhi fungsinya. Akan tetapi, jika jumlah trombosit Anda tampaknya lebih rendah dari biasanya, pemeriksaan harus di ulangi sehingga penurunan selanjutnya bisa diketahui. Ini bisa berarti Anda akan menjalani lebih banyak pemeriksaan darah dibandingkan calon ibu lainnya. Alasan mengapa kadar trombosit dipantau karena jika menjadi terlalu rendah, kemampuan pembekuan dalam darah tubuh Anda bisa terpengaruh dan timbul risiko yang lebih tinggi untuk perdarahan abnormal selama atau setelah bersalin.

Apakah faktor Rhesus itu dana pa yang terjadi jika Rhesus saya negatif?

Rhesus positif artinya terdapat protein tertentu pada permukaan sel darah merah Anda; jika negative berarti protein tersebut tidak ada. Jika Rhesus Anda negative danpasangan Anda positfi, ada peluang bagi bayi Anda untuk memiliki Rhesus positif. Dalam keadaan ini, tubuh Anda bisa memproduksi antibody yang mulai menghancurkan sel darah merah bayi. Jika Rhesus Anda negative, akan dilakukan pemeriksaan antibody dalam darah Anda pada usia kehamilan 12 minggu dan 28 minggu, dan pada waktu yang lain di antaranya jika Anda mengalami perdarahan.

Saya menderita anemia. Apakah zat besi dalam darah saya akan diperiksa ketika saya hamil?

Ya, tes darah bisa mendeteksi apakah kadar zat besi Anda rendah, yang merupakan salah satu tanda anemia. Makanan seperti daging merah tanpa lemak dan bayam dapat meningkatkan kadar simpanan zat besi. Mungkin dokter juga memberi suplemen zat besi. Kadar zat besi Anda akan diperiksa lagi pada usia kehamilan 28 minggu. Namun jika Anda sangat menderita keletihan parah ketika hamil, bidan akan mengatur pemeriksaan darah lebih cepat untuk memeriksa adanya anemia.

Mengapa pemeriksaaan darah untuk virus hepatitis B itu penting?

Tes ini dilakukan karena da kemungkinan kecil Anda menjadi pembawa virus hepatitis B tanpa mengetahuinya; sehingga tes darah menjadi satu-satunya cara untuk memastikan. Hati bayi Anda bisa mengalami kerusakan serius jika penyakit ini diturunkan sebelum atau setelah persalinan. Bayi yang beresiko terkena virus hepatitis B dari ibunya bisa diberi suntikan antibody segera setelah lahir untuk melindunginya.

Apa bahayanya bagi bayi saya jika saya tidak kebal terhadap rubella?

Sebagian besar wanita hamil kebal terhadap rubella (campak jerman) karena pernah divaksinasi atau pernah mengidap penyakit tersebut sewaktu kecil. Jika tidak kebal, Anda akan dianjurkan untuk menghindari kontak dengan siapa pun yang mengidap infeksi tersebut. Jika Anda mendapat rubella semasa hamil, jantung, penglihatan, dan pendengaran bayi Anda bisa terkena efek yang serius. Anda juga akan ditawari vaksinansi setelah bayi lahir untuk melindungi kehamilan selanjutnya.

Mengapa saya menjalani pemeriksaan darah untuk sifilis?

Sifilis adalah penyakit menular seksual. Di masa kini cukup jarang orang mengidapnya, tetapi jika Anda mengidap dan tidak di obati semasa hamil, bisa terjadi kelainan pada bayi yang sedang tumbuh. Inilah sebabnya pemeriksaan darah untuk sifilis  perlu dilakukan.

Mengapa saya menjalani pemeriksaan urin?

Anda dianjurkan untuk melakukan pemeriksaan bakteri urin pada awal kehamilan karena terdapat kaitan antara suatu jenis bakteri dengan kelahiran prematur. Sepanjang kehamilan, bidan juga akan melakukan pemeriksaan urin untuk melihat kadar protein, yang bisa menjadi tanda adanya infeksi urin atau pre-eklampsia suatu kondisi yang berpotensi menimbulkan bahaya. Anda juga bisa menjalani pemeriksaan gula dalam urin, yang bisa menjadi tanda diabetes dalam kehamilan. 

Tidak semua wanita hamil dianjurkan untuk menjalani pemeriksaan kadar gula. Anda hanya akan diperiksa bila Anda termasuk kelompok risiko tinggi. Misalnya berat badan Anda berlebih atau Anda pernah mengalami pre-eklampsia pada kehamilan sebelumnya. Jika ternyata kadar gula dalam urin Anda tinggi, Anda juga akan harus menjalani tes toleransi glukosa.

Survey menunjukkan Anemia dalam kehamilan

Jumlah wanita hamil yang mengalami anemia defisiensi besi di negara maju, seperti inggris, adalah 20%. Sumber: organisasi kesehatan dunia WHO.

Posting Komentar untuk "10. Mengapa saya perlu melakukan tes darah dan urin?"