Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

17. Apa yang harus saya makan ketika saya hamil?

Apa yang harus saya makan ketika saya hamil?


Bisa sulit untuk makan makanan seimbang selama kehamilan jika rasa mual tidak kunjung hilang. Tetapi untuk tetap sehat dan sebagai bahan untuk perkembangan bayi Anda, penting bagi Anda untuk mencoba makan makanan yang sehat dan beragam yang mengandung berbagai jenis vitamin dan mineral.

Makanan saya sudah cukup baik. Apakah saya perlu mengubahnya kini ketika saya hamil?

Bahkan jika makanan Anda sudah cukup baik, penting untuk menyesuaikan diet karena sekarang Anda adalah calon Ibu. Cobalah meningkatkan asupan vitamin dan mineral tertentu, seperti asam folat (terdapat dalam sayuran berdaun hijau gelap), zat besi (terdapat dalam kacang-kacangan, sayuran berdaun hijau dan sereal sarapan yang diperkaya) dan kalsium (terdapat dalam makanan dari susu dan biji wijen). selain itu, periksa ulang apakah makanan Anda cukup beragam untuk memberikan semua zat gizi penting yang akan bermanfaat bagi kesehatan bayi dalam kandungan Anda.

Saya kehilangan nafsu makan sejak mulai hamil. Apakah ini normal dan akankah berlangsung lama?

Dalam minggu-minggu pertama selera makan Anda mungkin sangat menurun dan Anda mungkin merasa tak ingin makan dengan benar, khususnya jika Anda menderita mual atau mabuk. Selama pertangahan kehamilan selera makan Anda bisa kembali seperti sebelum hamil atau sedikit meningkat. Menjelang akhir kehamilan selera makan Anda mungkin meningkat tetapi Anda mungkin ingin makan sedikit dan sering karena gangguan pencernaan dan rasa panas dalam perut. Aturan terbaik yang harus di ingat adalah makanlah ketika Anda lapar. Jangan khawatir dengan perubahan selera makan selama Anda mengikuti nasihat yang diberikan tentang jenis makanan yang perlu Anda makan dan bayi Anda berkembang dengan baik.

Lihat juga: 40. Haruskah makanan saya berubah setelah memasuki trimester kedua?

Bisakah saya tetap makan makanan cepat saji dan sesekali makan makanan manis?

Anda tak harus berpantang semua makanan faforit tetapi cobalah untuk membatasi makan junkfood, karena hanya menawakan sedikit kelebihan dari sekadar kalori kosong (kalori dengan sedikit atau tanpa zat gizi) dan pastikan bahwa makanan olahan, camilan, dan penganan yang penuh gula bukan merupakan hidangan utama dalam diet Anda. Sejauh menyangkut camilan, cobalah untuk makan pisang sebagai pengganti es krim, atau sorbet buah beku untuk menggantikan persik kalengandalam sirup gula. Tetapi jangan merasa bersalah jika Anda sesekali menginginkan biscuit. Nikmati setiap gigitan!

Haruskah saya makan suplemen prapersalinan?

Di dunia ideal – bebas dari rasa mual di pagi hari dan rasa tak suka pada makanan tertentu – diet yang seimbang akan menjadi semua yang diperlukan oleh seorang calon mama. Tetapi di dunia nyata, suplemen vitamin – mineral bisa menjadi jaminan yang baik bahwa seorang ibu hamil akan mampu memenhi kebutuhan nutrisinya. Meskipun demikian, ingatlah bahwa makan suplemen terlalu banyak sama bahanyanya dengan terlalu sedikit. Mintalah nasihat dari dikter atau ahli farmasi tentang suplemen vitamin mana yang baik untuk dikonsumsi.

Saya makan suplemen tapi tetap merasa mual. Apa yang harus saya lakukan?

Makanlah suplemen bersama dengan makanan atau camilan untuk mengurangi kemungkinan merasa mual. Jika Anda merasa mual di pagi hari, makanlah suplemen di siang hari atau menjelang waktu tidur, atau cobalah membelahnya menjadi dua dan makan dengan jarak beberapa jam. Jika semua ini tidak berhasil, berhenti makan suplemen selama beberapa waktu dan pastikan diet Anda bisa memberikan zat gizi dasar yang Anda perlukan. Sebutkan perihal rasa mual ini pada bidan di kunjungan prapersalinan berikutnya.

Saya tak bisa mencerna buah dan sayuran. Apa yang bisa saya lakukan?

Cobalah minum buah dan sayuran dalam bentuk jus. Anda bisa membeli mesin juicer atau blender dan membuatnya sendiri. Jika tetap tidak berhasil, makanlah suplemen prapersalinan dan cobalah makan buah dan sayuran lagi setelah beberapa minggu ketika pencernaan Anda sudah terasa lebih nyaman.

Apakah saya harus menyesuaikan diet vegetarian?

Tubuh Anda memerlukan sedikit lebih banyak protein selama kehamilan, dan ini bisa disediakan dengan mudah melalui diet vegetarian yang sehat dan beragam. Akan tetapi, Anda harus memastikan bahwa asupan zat besi dan kalsium Anda cukup. Cobalah mengkonsumsi makanan atau minuman yang mengandung vitamin C bersama dengan makanan yang kaya-zat besi untuk membantu penyerapan. Hindari mengkonsumsi kafein dengan makanan yang kaya-zat besi karena mengurangi penyerapan. Sumber kalsium terbaik adalah makanan dari susu. Targetkan untuk makan tiga porsi per hari. Jika Anda tidak makan makanan dari susu, suplemen adalah pengganti yang ideal.

Fakta menarik – makanan yang harus dihindari selama hamil

  • Selama hamil Anda harus menghindari makan:
  • Makanan laut mentah, seperti kerang atau sushi yang tidak dimasak.
  • Hiu, ikan cucut, dan ikan marlin.
  • Keju dengan kulit berwarna putih dan ‘bulukan’, seperti Brie dan camembert, dan keju biru.
  • Pate, daging, daging ayam, atau telur mentah atau setengan matang (masak semua daging sampai tak ada lagi bagian berwarna merah muda, dan telur sampai keras). Semua ini adalah sumber bakteri yang bisa berbahaya bagi bayi Anda.
  • Hati dan produk hati (pate, sosis hati) karena bisa mengandung vitamin A dalam bentuk retinal dalam jumlah besar, yang jika terlalu banyak bisa berakibat buruk bagi bayi Anda yang sedang tumbuh.
  • Hindari kacang dan makanan yang mengandung kacang jika Anda, pasangan, atau salah satu anak Anda memiliki riwayat alergi. Ini bisa membantu agar bayi Anda tidak alergi pada kacang.

Dapatkan keseimbangan yang tepat

Untuk mendapatkan zat gizi yang Anda perlukan selama hamil, pastikan semua kelompok makanan utama ada dalam diet Anda-padi-padian, buah dan sayuran, daging, ikan, dan daging ayam masak, serta produk susu.

Jika Anda tidak melakukan apa-apa lagi

  • Lakukan diet seimbang
  • Jaga jumlah air yang masuk
  • Makan sedikit lebih baik daripada tidak makan sama sekali
  • Carilah nasihat medis jika Anda tak bisa memasukkan makanan

Posting Komentar untuk "17. Apa yang harus saya makan ketika saya hamil?"