Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

19. Berapa kenaikan berat badan yang akan saya alami selama hamil?

Berapa kenaikan berat badan yang akan saya alami selama hamil?

Banyak wanita khawatir dengan kenaikan berat badan dalam kehamilan, tetapi yang lebih penting adalah menerima bahwa Anda akan mengalaminya. Sudah seharusnya begitu karena tubuh Anda berubah untuk memberi bayi Anda awal kehidupan yang terbaik. Yakinlah bahwa bidan akan memerhatikan kenaikan berat badan Anda. Bicarakan dengannya jika ada yang Anda khwatirkan.

Akankah saya ditimbang dalam pemeriksaan prapersalinan?

Tidak. Belum lama ini, wanita hamil ditimbang dalam setiap pemiriksaan prapersalinan. Kemudian dokter menyadari bahwa ini membuat banyak wanita sangat cemas, dan ini bukan merupakan cara yang baik untuk menilai kemajuan kehamilan. Mereka juga menyadari bahwa kenaikan berat badan dalam kehamilan harus dihubungkan dengan indeks Massa Tubuh (IMT) wanita sebelum hamil. Dengan alasan ini, kini dianjurkan bagi bidan untuk menghitung IMT pada janji-temu-konsultasi dan memantau kenaikan berat badan sehubungan dengan hasilnya.

Tanyakan pada ahlinya – Fiona Ford Ahli Diet

Saya berjuang melawan gangguan pola makan selama sekitar 10 tahun. Apakah ini akan berpengaruh pada bayi yang saya kandung?

Dapatkan bantuan dalam menetapkan target berat badan dan gizi dalam kehamilan jika Anda mengalami gangguan pola makan. Bukan saja Anda dan bayi dalam kandungan Anda memiliki risiko lebih tinggi untuk mengalami komplikasi kehamilan, namun Anda pun mungkin perlu bantuan untuk menghentikan pola makan tidak sehat yang mungkin sudah menjadi bagian dari hidup Anda selama bertahun-tahun. Jika berat badan Anda kurang saat Anda hamil, Anda mungkin mulai dengan tidak memiliki keuntungan gizi, karena mungkin simpanan lemak Anda tidak  mencukupi untuk kehamilan.

Beberapa penelitian menghubungkan berat badan kurang saat konsepsi dengan peningkatan risiko kelahiran premature dan berat badan lahir rendah. Akan tetapi, penelitian lain menunjukkan bahwa tidak ada risiko jika kenaikan berat badan Anda selama hamil cukup. Jadi bekerja samalah dengan orang yang merawat Anda untuk memetakan rencana kenaikan berat badan dan makan yang sehat. Anda mungkin akan dirujuk ke ahli gizi untuk mendapatkan pertolongan spesialis.

Haruskan saya menargetkan jumlah kalori tertentu dalam sehari?

Anda tak perlu makan kalori ekstra sampai usia kehamilan lanjut. Yang lebih penting dari menghitung kalori adalah makan sewajarnya dengan makanan dari semua kelompok besar. Sekitar 10% dari kalori Anda harus berasal dari protein, seperti daging, ikan, telur, dan kacang-kacangan. Sekitar 35% kalori harus berasal dari produk susu, seperti mentega dan keju, dan dari minyak dan kacang (lemak). Sekitar 55% kalori (bagian terbesar) harus berasal dari roti, pasta, kentang, nasi, dan sereal (karbohidrat).


Saya selalu memiliki berat badan berlebih dan kini terus-menerus mencoba menurunkannya. Apakah aman untuk berdiet selama hamil?

Bukan gagasan yang bagus untuk menjalani diet dalam kehamilan. Jika berat badan Anda sudah berlebih, Anda harus mencoba membatasi jumlah kenaikan berat badan karena ini bisa meningkatkan risiko tekanan darah tinggi dan bayi yang besar. Akan tetapi, penelitian menunjukkan bahwa diet rendah –kalori tidak mengurangi kemungkinan ibu hamil dengan berat badan berlebih untuk mengalami tekanan darah tinggi atau pre-eklampsia.

Diet seperti itu juga tak akan bermanfaat bagi bayi dalam kandungan Anda. Yang sebaiknya Anda lakukan adalah mendapatkan nasihat dari bidan tentang bagaimana cara makan makanan bergizi yang normal yang akan memastikan berat badan Anda tidak bertambah terlalu banyak, tetapi masih membuat Anda dan bayi Anda sehat dan bahagia. Jauh lebih baik untuk tetap menjalani diet seimban dan normal dan hanya mengurangi makanan seperti biskuit, kue, penganan manis dan es krim, yang tidak terlalu bergizi.

Jika  berat badan saya banyak bertambah selama hamil, apakah artinya bayi saya akan besar?

Tidak. Ukuran bayi yang Anda lahirkan ditentukan oleh ukuran tubuh Anda dan pasangan. Bis ajuga dipengaruhi oleh kondisi medis selama hamil, seperti diabetes, dan faktor gaya hidup seperti merokok.

Fakta menarik – menghitung indeks massa tubuh (IMT)

1. Kuadratkan tinggi badan Anda dalam meter. Jika tinggi badan Anda 1,6 m, maka hasilnya adalah 2,56.

2. Kemudian bagia berat badan dalam kg dengan angka ini. Jadi, jika berat badan Anda 60 kg, IMT Anda adalah 60 dibagi 2,56 = 23,43.

  • IMT kurang dari 20 =>  berat badan kurang
  • IMT 20-30 => ideal
  • IMT 25-30 => berat badan berlebih
  • IMT 30-40 =>  obesitas
  • IMT di atas 40 => obesitas berat

IMT Anda dan kenaikan berat badan saat hamil

Ditahun 1990-an, Institute of Medicine di AS merekomendasikan kenaikan berat badan terkait IMT sebelum hamil:

- Targetkan kenaikan berat badan 6,35 kg jika berat badan Anda berlebih sebelum hamil.
- Targetkan kenaikan berat badan 12,7 kg jika berat badan Anda normal sebelum hamil.
- Targetkan kenaikan berat badan 19 kg jika berat badan Anda kurang sebelum hamil.

Catatan: jika usia Anda di bawah 20 tahun, Anda harus menargetkan kenaikan berat badan di ujung atas dari kisaran IMT sebelum hamil.

Melihat timbangan 

Cobalah untuk tidak membiasakan diri terlalu sering menimbang badan. Ingat bahwa berat badan ekstra terutama terdiri atas bayi yang sedang berkembang dan sistem pendukungnya, dan akan hilang begitu Anda melahirkan.

Posting Komentar untuk "19. Berapa kenaikan berat badan yang akan saya alami selama hamil?"