Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

11. Pemeriksaan dan tes apalagi yang akan ditawaran pada saya?

Pemeriksaan dan tes apalagi yang akan ditawaran pada saya?

Selain menjalani pemeriksaan umum untuk memantau kesehatan bayi, dalam trimester pertama Anda mungkin ditawari untuk menjalani pemeriksaan untuk melihat usia janin serta untuk melihat risiko Sindrom Down. Jenis dan jumlah tes yang akan ditawarkan tergantung pada usia Anda dan apakah kehamilan Anda tergolong berisiko tinggi.

Apa yang dimaksud dengan pemindaian ultrasonografi dan berapa kali saya akan menjalaninya?

Kini dianjurkan bagi setiap wanita hamil untuk menjalani pemindaian tanggal pada awal kehamilan untuk memastikan usia janin dan mendeteksi kehamilan ganda. Anda juga mungkin ditawari pemindaian lain pada usia kehamilan 18-20 minggu untuk memeriksa apakah bayi Anda berkembang seperti seharusnya, dan apakah letak plasenta tidak akan menimbulkan masalah dalam kehamilan.

Tanyakan pada ahlinya – Chrissie Hammonds Bidan Sonografi

Saya ditawari pemindaian translusensi nuchal, Apakah itu?

Pemindaian translusensi nuchal (NT) mengukur pengumpulan cairan di bawah kulit di bagian belakang leher bayi. Semua bayi memiliki cairan, tetapi banyak bayi dengan sindrom Down yang mengalami peningkatan translusensi nuchal. Pemindaian NT adalah pemeriksaan penapisan dan oleh karenanya hanya bisa memperkirakan risiko bayi Anda menderita sindrom tersebut, dibandingkan dengan pemeriksaan diagnostic, seperti CVS atau amniosentesis, yang akan memberi Anda diagnostic pasti tetapi juga memiliki sedikit risiko keguguran. Pemindaian NT biasanya dilakukan antara minggu ke-11 dan minggu ke-13 ditambah enam hari. Hasilnya bisa langsung didapatkan. Jika jumlah cairan meningkat, bukan berarti pasti ada masalah karena bayi yang sehat juga bisa mengalami peningkatan cairan. 

Akankah pertumbuhan bayi saya di pantau?

Ya. Bidan akan meraba, atau melakukan ‘palpasi’, pada perut Anda untuk memastikan Rahim dan bayi Anda tumbuh dengan semestinya. Dari sekitar 12 minggu, dia akan mendengarkan denyut jantung bayi Anda dengan pemantau jantung elektronik. Begitu usia kehamilan sekitar 20 minggu, dia juga akan mulai mengukur tinggi perut dengan pita meteran (dari tulang pubis ke ujung atas perut). Ini bukan cara mengukur yang paling akurat, tetapi bisa memberi perkiraan kasar tentang pertumbuhan bayi Anda. Jika tanggal prakiraan persalinan sudah dekat, dia akan memeriksa perut Anda untuk melihat posisi bayi. Jika dia mengkuatirkan tentang pertumbuhan dan kesehatan bayi, dia akan merujuk untuk dilakukan pemindaian ultrasonik.

Usia saya 35 tahun saat ini mengandung anak pertama. Mengapa kehamilan saya digolongkan berisiko tinggi?

Banyak penelitian terkini menunjukkan bahwa pada wanita yang sehat, risiko kehamilan yang terlambat adalah minimal. Sesungguhnya, yang paling penting adalah kesehatan ibu sebelum mengandung. Jadi, wanita dengan usia lebih tua memiliki kemungkinan lebih besar untuk mengalami kondisi medis tertentu semasa hamil, seperti diabetes, hipertensi, dan plasenta previa (kondisi dimana letak plasenta rendah dalam Rahim, sebagian atau sepenuhnya menutupi leher Rahim). Karena semua kondisi ini bisa berakibat serius, diperlukan pemantauan lebih ketat dan mungkin juga pembatasan diet dan gaya hidup.

Masalah lain adalah peluang mendapat bayi dengan cacat genetic meningkat seiring bertambahnya usia. Misalnya, risiko Sindrom Down meningkat dari satu di antara 885 kehamilan pada usia 30 menjadi satu diantara 365 kehamilan pada usia 35, satu diantara 109 kehamilan pada usia 40, dan satu diantara 32 kehamilan pada usia 45. Jika usia Anda sekitar 40 tahun, Anda harus benar-benar mempertimbangkan pemeriksaan genetic karena risiko masalah genetic meningkat secara signifikan. Risiko keguguran juga meningkat seiring bertambahnya usia. Sebagian besar penelitian menunjukkan peningkatan risiko bedah sesar pada wanita berusia di atas 35, walaupun tidak ditemukan alasan yang jelas.

Tes apa yang akan ditawarkan pada saya untuk memeriksa Sindrom Down?

Kini dianjurkan bagi setiap wanita hamil untuk menjalani pemeriksaan penapisan untuk sindrom down. Dalam trimester pertama pemindaian translusensi nuchal (NT) bisa dilakukan antara usia 11 minggu dan 13 minggu ditambah enam hari dan mendeteksi sekitar 75% bayi dengan sindrom tersebut. Ada tes gabungan, yaitu pemindaian NT digabung dengan tes darah yang mendeteksi sekitar 90% kasus. Tes ini juga harus dilakukan antara usia 11 minggu dan 13 minggu enam hari dan mungkin tidak tersedia di semua rumah sakit. Ada pula tes yang terintegrasi, dengan tingkat deteksi 94%. Dalam tes ini dilakukan dua kali tes darah pada usia 12 dan 15 minggu.

Pengambilan sampel chrorionic villus (CVS) adalah tes diagnostic yang mendekteksi kelainan kromossom. CVS biasanya dilakukan antara minggu ke-10 hingga 12. Tergantung pada posisi plasenta atau pilihan dokter, jarum dimasukkan ke perut (menggunakan pedoman ultrasonic), atau dimasukkan selang halus melalui vagina dan leher Rahim untuk mencapai plasenta. Ada sedikit risiko keguguran dalam melakukan tes diagnostic ini.

Fakta menarik – kehamilan risiko tinggi
Kehamilan Anda bisa digolongkan risiko tinggi dan memerlukan perawatan prapersalinan jika Anda:

Pernah mengalami persalinan premature
Pernah memiliki bayi yang mengidap kelainan
Mengidap diabetes
Memiliki tekanan darah tinggi
Mengandung anak pertama pada usia di atas 40 tahun
Mengandung anak kembar
Mengidap penyakit jantung 
Memiliki masalah ginjal
Menjalani pengobatan epilepsi
Memiliki masalah tiroid
HIV positif
Obesitas
Memiliki penyakit autoimun, seperti lupus
Menggunakan obat-obatan/alcohol
Mengidap kanker

Posting Komentar untuk "11. Pemeriksaan dan tes apalagi yang akan ditawaran pada saya?"