Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

16. Apa bedanya jika saya mengandung lebih dari satu bayi?

Apa bedanya jika saya mengandung lebih dari satu bayi?


Karena Anda mengandung lebih dari satu bayi, kehamilan Anda tergolong beresiko lebih tinggi dan akan dipantau lebih ketat. Meskipun demikian, jangan khawatir akan mengalami komplikasi. Sebagian besar kehamilan ganda akan lahir dengan normal.

Apa perbedaan yang terjadi dalam perawatan prapersalinan?

Dokter dan bidan akan memantau Anda dengan ketat, dan mereka akan bekerja bersama Anda untuk memastikan kehamilan Anda berlangsung sedekat mungkin dengan cukup bidan. Biasanya, sekitar separuh anak kembar lahir sebelum 37 minggu, tetapi kecuali dan sampai ada alasan yang luar biasa untuk melahirkan lebih dini, tetapkan niat bulat untuk mengandung hingga cukup bulan. Persiapkan diri menghadapi lebih banyak janji temu prapersalinan – biasanya setiap 2-3 minggu selama trimester pertama dan kedua, dan kemudian setiap minggu di trimester ketiga. Selain memantau kesehatan, dokter spesialis kebidanan akan mengawasi lebih ketat pertumbuhan anak Anda. 

Karena pertumbuhan bayi sulit ditentukan melalui perabaan pada perut, Anda akan ditawari untuk menjalani pemindaian lebih banyak. Jika bayi kembar ANda identic danoleh karenanya memiliki satu plasenta, Anda akan mengalami lebih banyak lagi pemeriksaan dan pemindaian, termasuk untuk memeriksa apakah terjadi transfuse antar anak kembar mendapat aliran darah yang lebih banyak dari saudaranya.

Jika Anda mengandung tiga bayi, yang lebih jarang terjadi dibandingkan kembar dua, perawatan prapersalinan dan persalinan Anda harus dilakukan di rumah sakit besar yang lengkap.

Tanyakan pada ahlinya – Dr Maggie Blott Konsultan Kesehatan

Bisakah saya menjalani pemindaian transluensi nuchal jika saya mengandung anak kembar?

Ya, pemindaian transluensi nuchal (NT) adalah pemeriksaan penapisan terbaik untuk Sindrom Down jika Anda mengandung anak kembar. Pemeriksaan penapisan darah umumnya ditawarkan dalam kehamilan tunggal tidak bekerja sebaik itu untuk kehamilan ganda. Pemindaian NT akan mengukur cairan di bagian belakang kedua leher bayi sehingga risiko masing-masing bisa dinilai. Sebelum memutuskan untuk melakukan pemindaian NT untuk anak kembar, Anda harus memikirkan apa yang akan Anda lakukan jika salah satu bayi memiliki risiko tinggi dan satu lagi rendah. Satu-satunya cara untuk mengetahui secara pasti apakah kedua bayi sehat adalah dengan menjalani tes diagnostic, seperti amniosentesis, dan risiko keguguran setelah prosedur ini dua kali lipat pada kehamilan ganda. Jika hanya satu bayi yang terkena, Anda akan dihadapkan pada keputusan yang sulit. Jika anak Anda kembar identic akan sama-sama mengidap Sindrom Down atau sama-sama tidak mengidapnya.

Apakah saya akan menghadapi lebih banyak komplikasi?

Tidak setiap kehamilan kembar mengalami komplikasi. Sayangnya, meskipun demikian, tingkat keguguran lebih tinggi jika Anda mengandung bayi kembar, dan khususnya jika bayi Anda kembar identic (satu telur yang sudah dibuahi membelah dua). Seperti kehamilan tunggal, sebagian besar keguguran pada kehamilan ganda terjadi dalam 12 minggu pertama. Terkadang hanya satu bayi yang gugur. Dalam hal ini, risiko terjadi sesuatu pada bayi yang hidup rendah. Mendapat kepastian sejak dini bahwa Anda mengandung lebih dari satu bayi akan memberi lebih banyak waktu bagi petugas kesehatan untuk mendeteksi dan mengatasi setiap komplikasi. Bayi kembar tiga lebih jarang ditemukan daripada kembar dua, tetapi berhubungan dengan komplikasi yang lebih banyak. Bayi kembar tiga lebih banyak yang dilahirkan premature, seringkali pada usia 26-28 minggu.

Akankah tanda-tanda kehamilan yang saya alami lebih berat?

Sayangnya, ya. Gejala yang biasa mungkin akan lebih berat, khususnya rasa mual di pagi hari. Masalah lain yang umum terjadi adalah tidak bisa tidur, lelah, rasa tak nyaman dan pegal-pegal di seluruh tubuh, serta tangan dan kaki bengkak. Anda juga mungkin akan merasa sedikit lebih sulit bergerak pada usia kehamilan tua.

Apakah saya harus lebih menyesuaikan diet jika hamil anak kembar?

Tidak ada panduan nutrisi khusus untuk kehamilan gana. Seperti pada kehamilan tunggal, Anda dianjurkan untuk makan menurut rasa lapar dan pastikan Anda makan makanan yang sehat dan beragam. Makan dengan benar akan meningkatkan kemungkinan Anda memiliki bayi dengan berat badan yang sehat. Dengan semakin tuanya kehamilan, Anda mungkin akan kesulitan untuk mencerna hidangan porsi besar dan memilih untuk makan porsi kecil tapi sering. Anemia lebih umum ditemukan pada wanita yang mengandung lebih dari satu bayi, jika bidan akan memeriksa darah Anda secara teratur dan menyarankan Anda untuk makan suplemen zat besi jika perlu.

Bisakah anak kembar saya lahir normal?

Ada bukti bahwa mungkin lebih aman untuk melahirkan anak kembar melalui bedah cesar, khususnya untuk anak kedua. Juga, jauh lebih umum jika salah satu bayi dalam letak sungsang pada kehamilan ganda. Dengan alasan ini sebagian besar, tapi tidak semua anak kembar, dilahirkan dengan bedah cesar. Akan tetapi, banyak orang mampu besalin normal. Bicarakan dengan dokter tentang kebijakan di rumah sakit tempat Anda akan bersalin dan pilihan yang tersedia bagi Anda.

Anda mungkin akan bisa melahirkan secara normal jikakehamilan Anda normal, dan jika bayi Anda tumbuh baik dan letaknya bagus. Jika Anda memilih untuk melahirkan secara normal, banyak unit kebidanan akan menyarankan Anda untuk menjalani epidural selama persalinan dan bayi Anda dipantau terus.

Peluang bedah cesar darurat dalam persalinan lebih tinggi dalam kehamilan ganda, dan kemungkinan Anda akan harus melahirkan dengan forceps atau vakum juga meningkat. 

Tips praktis

Minum banyak cairan bahkan lebih penting lagi jika Anda mengandung lebih dari satu bayi; risiko mengalami kontraksi premature, dan persalinan premature, meningkat jika Anda mengalami dehidrasi. Targetkan untuk minum sedikitnya delapan gelas air sehari.

Posting Komentar untuk "16. Apa bedanya jika saya mengandung lebih dari satu bayi?"