Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengatur dan Memasang Domain di Blogspot: Setting dari IndoWebsite.net

Cara mengatur dan memasang domain yang sudah kita beli di blogger.

infoAja. Blogger memiliki layanan untuk mengganti domain sub blogspot.com menjadi .com. Dengan menghilangkan subdomain blogspot.com maka blog kamu akan terlihat lebih profesional, disamping itu juga akan lebih diprioritaskan pada hasil pencarian Google, Bing dan Yahoo.

Jika kamu datang kehalaman ini tentunya sudah mengerti apa itu domain dan bagaimana cara mendapatkannya. Jika belum mengerti kamu bisa klik Cara Mendapatkan Domain.

Hal-hal yang perlu disiapkan adalah jangan berfikir ini akan sulit, karena bagi kalian yang baru akan melakukannya pasti akan muncul kata "Ribet banget". Jadi cobalah untuk tenang. Tidak ada lagi yang perlu disiapkan, selain sudah disiapkan oleh blogger juga sudah disiapkan oleh provider domain tempat kamu mendaftarkan domain nya.

Langkah-langkahnya sebagai berikut:

1. Pertama masuk ke beranda blogger dan pilih setelan. Seperti digambar pada alamat blogspot kalian klik "Edit". Masukkan domain yang sudah kamu daftarkan maka akan muncul "Eror" dan menampilkan 4 kode standar. 
"Eror" seperti gambar dibawah:
Muncul 4 kode standar dari google, 4 kode tersebut yang nantinya akan kita daftarkan ke Provider Domain tempat kita mendapatkan domain.

2. Masuk ke Provider Penyedia layanan domain, IndoWebsite.net
Ini adalah tampilan client member, login untuk masuk dan pilih "Layanan" seperti digambar bawah:

Klik "Layanan Saya" kemudian akan muncul halaman seperti dibawah.

Noted: biasanya pengguna baru akan kesulitan menemukan halaman ini, jadi sekalian dibuatkan tutorialnya.

Klik bagian DNS Management seperti pada gambar diatas. Maka akan muncul halaman seperti dibawah.

Pilih domain kamu dan klik "Manage" setelah itu kamu akan diarahkan ke halaman seperti dibawah:

Jika kamu belum pernah mengatur domain, maka tidak akan muncul daftar dan akan terlihat kosong. Kemudian kamu bisa menambahkan pengaturan dengan cara klik tombol "add new". 

Nantinya akan ada 3 tipe pengaturan yang akan kita lakukan, pertama kamu bisa memilih tipe "CNAME", di "CNAME" ini kita mengatur 4 kode standar yang ditampilkan Blogger. Masing-masing 2 pengaturan yang akan kita atur.

Kata Kunci: Cara Merubah dan Mengganti Domain di Blogspot 

Seperti digambar atas copy paste 2 kode standar yang terdapat di blogger, kemudian klik save. Lakukan hal yang sama untuk 2 kode selanjutnya, seperti gambar dibawah:
Setelah pengaturan pertama selesai kita akan mengatur bagian A Record, A record ini adalah menambahkan 4 IP standar google, yakni: 

  • 216.239.32.21
  • 216.239.34.21
  • 216.239.36.21
  • 216.239.38.21
Caranya seperti pada gambar dibawah, klik "add new" pada pengaturan Domain. Pilih tipe "A".
seperti pada gambar, jika sudah klik save, lakukan hal yang sama untuk 4 IP google secara bergantian, seperti pada gambar dibawah:
Setelah mengatur bagian "A" Record kita menuju pengaturan ke-3 yakni mengatur nameservernya (NS). 

Klik "Save" atau "Update". Jika sudah lakukan hal yang sama untuk 3 Nameser lainnya seperti berikut:

ns01.indowebsite.net
ns02.indowebsite.net
ns03.indowebsite.net
ns04.indowebsite.net

Setelah semuanya selesai, ini adalah langkah terakhirnya yakni mengubah Nameserver default yang sudah kita setting sebelumnya. Seperti pada gambar, kembali ke bagian "client area" => "Domain Saya" 

Setelah itu muncul halaman baru, pilih domain yang sudah kita atur sebelumnya.
Maka akan muncul halaman baru seperti dibawah, pilih "ubah Nameserver Domain Anda", kemudian akan muncul halaman input seperti dibawah:


Inputkan Nameserver seperti pada gambar diatas, kemudian pilih "select" Gunakan Nameserver Lainnya. Setelah semuanya sudah benar kemudian klik tombol "ubah Nameserver".

Jika pengaturan ini sudah selese, kamu bisa kembali ke blogger dan kembali memasukkan domain yang telah kamu daftarkan. Mungkin pesan "eror" masih tetap akan muncul namun tenang saja, tunggu beberapa waktu karena google membutuhkan waktu untuk membaca pengaturan yang sudah kita buat. 

Semoga cara merubah dan mengatur domain di blogspot bisa membantu. Jika ada pertanyaan lain bisa menuliskannya di kolom komentar dibawah.

Posting Komentar untuk "Cara Mengatur dan Memasang Domain di Blogspot: Setting dari IndoWebsite.net"