Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apasih Virus Corona itu? Berikut penjelasannya

Apa itu Virus Corona?

infoAja. Awal tahun 2020 dunia digegerkan dengan wabah penyakit akibat virus, yakni virus Corona yang penyebarannya sangat cepat. Bermula dari virus yang terdapat pada binatang kemudian menyebar ke manusia, lalu apasih virus Corona tersebut.

Virus Corona atau coronavirus (istilah populernya: covid-19 atau virus corona) adalah sekumpulan virus dari subfamili Orthocoronavirinae dalam keluarga Coronaviridae dan ordo Nidovirales.

Kelompok virus ini yang dapat menyebabkan penyakit pada burung dan mamalia (termasuk manusia). Pada manusia, koronavirus menyebabkan infeksi saluran pernapasan yang umumnya ringan, seperti batuk dan pilek, meskipun beberapa bentuk penyakit seperti SARS, MERS, dan Covid-19 sifatnya lebih mematikan. 

Dampak penyakit yang muncul akibat virus ini cukup beragam pada setiap spesies lain: Misal, pada ayam, koronavirus menyebabkan penyakit saluran pernapasan atas, sedangkan pada sapi dan babi menyebabkan diare. 

Belum ada vaksin atau obat antivirus untuk mencegah atau mengobati infeksi koronavirus pada manusia. Beberapa orang percaya mengenai manfaat dari bahan-bahan herbal, seperti extrak daun sirih, Jahe dll.

Koronavirus merupakan virus beramplop dengan Genom RNA utas tunggal plus dan nukleokapsid berbentuk heliks simetris. 

Jumlah genom koronavirus berkisar antara 27–34 kilo pasanhan basa, terbesar di antara Virus RNA yang diketahui. Nama koronavirus berasal dari bahasa latin corona yang artinya mahkota, yang mengacu pada tampilan partikel virus (virion) mereka yang memiliki pinggiran yang mengingatkan pada mahkota atau korona matahari.

Dalam penyebaran Corona virus, berawal dari negeri Tiongkok disalah satu provinsinya yakni Wuhan. Kemudian menyebar ke berbagai negara tetangga termasuk Eropa dan Amerika. Saat ini di Indonesia virus Corona sudah sangat cepat menyebar, saat ini sudah 100 pasien lebih yang terdeteksi positif Corona.


Posting Komentar untuk "Apasih Virus Corona itu? Berikut penjelasannya"