Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

3 Pengaturan Pertama Blogger Pemula


Settingan pertama Blog untuk Blogger Pemula

infoAja. Dunia blogging adalah tentang pation, artinya semua mengalir seperti kita menyukai sebuah hobbi. Tentunya sebelum membuat blog kita harus sudah menentukan ingin membahas apa, mungkin bisa membahas masalah pendidikan, ilmu agama, kesehatan dan lain-lain.

Sampai disini mungkin kamu sudah membuat blog dan sudah menentukan bahasan kamu, selanjutnya kita akan melakukan setting langkah pertama memulai sebuah blog. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

1. Top Level Domain (TLD)

Biasanya blog yang baru kita buat akan memiliki subdomain, contohnya example.blogspot.com atau example.wordpress.com. Nah, blogspot.com dan wordpress.com itulah yang dinamakan subdomain. 

Maksudnya TLD disini adalah alamat blog kamu tidak lagi menggunakan subdomain, artinya alamat blog kamu adalah example.com atau example.my.id tanpa embel-embel blogspot.com atau wordpress.com.

Bagi kamu yang ingin serius dengan dunia blogging mungkin dari awal buat seharusnya sudah memikirkan TLD. Artinya, ketika dari awal sudah menggunakan TLD dan seiring berjalannya waktu kita sudah mengoptimasi SEO nya, kita tidak perlu mengulang optimasinya terhadap alamat blognya. 

Berbeda jika kita tidak menggunakan TLD dari awal, ketika kita sudah berusaha membuat blog kita ramai dan masih menggunakan alamat website dengan embel-embel blogspot.com atau wordpress.com kemudian ditengah jalan kita berfikir untuk mengganti TLD, maka kita akan berusaha dari awal lagi, berusaha untuk membuat blog kita ramai kembali, dan paling menjengkelkan adalah kita akan berusaha lagi untuk membuat TLD yang baru kita buat agar bisa mendapatkan backlink kembali.

2. Mengatur Template Blog

Yang kedua adalah bagaimana kita mengatur Template pada blog kita, pilihlah template dengan desain yang tidak berlebihan. Maksudnya adalah agar pengunjung bisa tetap nyaman ketika mengunjungi blog kita. 

Tentunya ketika kita menggunakan blog dengan desain yang simple maka akan membuat loading blog menjadi lebih cepat. Faktanya ketika sebuah blog diload dengan cepat akan mempengaruhi pengunjung blog untuk tetap stay lama-lama di blog kita dan tentunya bisa mengurangi bounce pada blog kita.

Ada banyak pilihan template yang bisa kita pilih, tapi direkomendasikan template yang responsif, maksudnya template responsif adalah template yang bisa menyesuaikan sendiri dengan ukuran layar yang digunakan. 

Dewasa ini sudah banyak orang yang menggunakan handphone untuk berselancar di dunia Maya ketimbang komputer desktop. Jadi sangat penting sekali bagaimana agar tampilan blog bisa tetap nyaman di gunakan baik menggunakan komputer, laptop, tablet maupun smartphone. 

3. Navigasi Blog

Yang ketiga adalah navigasi blog, navigasi blog berfungsi untuk membantu pengunjung blog menelusuri semua artikel-artikel yang telah kita sediakan sehingga pengunjung lebih mudah untuk meng-explor dan mencari tahu semua informasi yang diperlukan. 

Beberapa Contoh Navigasi diantaranya yakni Label pengelompokan artikel, Related Post, Site Map, Popular Post, dan yang tak kalah penting adalah About us. 

+ Label adalah cara untuk mengelompokkan artikel yang memiliki sub pembahasan sama atau mirip. Contoh, label kesehatan adalah artikel-artikel yang berhubungan dengan kesehatan, bisa tips penyembuhan, tips pengobatan dan lain-lain. 

+ Related post adalah judul artikel lainnya yang muncul dibawah atau ditengah-tengah artikel itu sendiri. Fungsinya adalah untuk menggiring pengunjung bisa mendapatkan informasi yang berhubungan dengan topik yang ia inginkan dan tentunya bisa meningkatkan page view blog kita.

+Breadcrump adalah semacam Map yang akan membantu pengunjung mengetahui posisinya terhadap halaman website. 

Terkadang pengunjung tersesat ketika menelusuri halaman demi halaman dan secara tidak sadar dia membaca artikel yang tidak sesuai dengan kebutuhan, dengan adanya Breadcrump maka pengunjung bisa kembali ke topik halaman yang dia cari.

Begitulah 3 Step Mengatur Blog untuk blogger pemula. Jika ada pertanyaan silahkan mengisikan di kolom komentar.

Posting Komentar untuk "3 Pengaturan Pertama Blogger Pemula"