Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara membuat saus putih lezat oleh Bumbu Cobek

Saus putih atau nama aslinya saus Hollandaise, banyak digunakan sebagai dasar saus lain atau bahan pencampur dalam membuat aneka shotel (hidangan campur yang dipanggang). Banyak orang yang gagal membuat saus sederhana ini karena salah langkah memasaknya. Hasilnya, saus bergumpal-gumpal dan tidak halus.

Perlengkap
1. Gunakan kompor dengan api yang mudah diatur. Dapat diperkecil dan diperbesar tanpa banyak kesulitan. 2. Jangan menggunakan pengocol (mixer) listrik. Gunakan pengocok manual (digerakkan dengan tangan) saja. Boleh juga menggunakan sendok kayau. 3. Sebaiknya gunakan panci yang bertangkai.

Takaran
Ikuti dengan cermat berapa banyak takaran yang disarankan diresep.

Cara membuat
1. Di atas api kecil, cairkan mentega. Taburkan tepung merata di atas mentega cair. 2. Aduk, dengan pepngocok atau sendok kayu, sampai adonan rata, kira-kira 3 menit. 3. Tuang susu sambil terus diaduk. Besarkan api menjadi sedang. Aduk terus agar tidak menggumpal. 4. Masukkan garam (dan bumbu lain) kecilkan api. Biarkan saus mendidih perlahan-lahan selama 40 menit. Aduk sekali-sekali.

Menyajikan
Jika disajikan sebagai saus, boleh ditaburi merica kala siap dihidangkan. Agar lebih gurih, dapat juga ditambahkan kacang/mede yang sudah digoreng
Penulis: Bumbu Cobek, 123

Baca juga:

  1. Cara membedakan daging oleh Bumbu cobek
  2. Cara memilih buah durian dengan benar oleh Durian Lover
  3. Mengenal lidah asap oleh Bumbu Cobek
  4. Cara Mengolah Jamur Kering

Posting Komentar untuk "Cara membuat saus putih lezat oleh Bumbu Cobek"