Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengatasi Rambut Yang Kusam dan Cara Merawatnya


Kembali lagi bukuqw update tips kecantikan nih sobat, bagi sobat kaum hawa yang lagi pusing mikirin rambutnya, karena rambutnya terlihat kusam atau malah berminyak. Nah sobat sudah berada di tempat yang tepat. Clinnkkk,,,,,

Kali ini bukuqw mau berbagi artikel mengenai "Cara Mengatasi Rambut Kusam". Cara mengatasinya bisa banyak sekali, namun sebelumnya simak dlu ya sobat, apa sih yang menyebabkan rambut kusam? Masalah rambut kering, kusam, lecek disebabkan karena panas, polusi udara dan kebiasaan perawatan rambut yang tidak benar seperti penggunaan pengering terlampau sering,akibatnya kelembabannyapun terkuras dan menyebabkan kerusakan rambut yang signifikan. selain itu, karena kekurangan asam lemak esensial yang juga dikenal sebagai humektan dan lipid. oleh karenanya  perawatan lebih difokuskan pada mempertahankan kelembaban. Oke kawan.

Untuk mengetahui apakah rambut sobat rusak atau tidak? cukup lakukan percobaan dengan menaruh beberapa helai rambut sobat ke air, jika rambut sobat tenggelam! Selamat rambut sobat dalam keadaan sehat, namun jika rambut tersebut  mengapung berarti rambut sobat kering dan tidak sehat.

Cara merawat rambut kering

1. Lakukan keramas 3 kali seminggu, gunakan condisioner pada saat tidak keramas.

2. Gunakan minyak esensial untuk penetrasi yang mendalam dan proses terjadinya perbaikan serta hindari memakai produk yang mengandung alkohol.

3. Jika diperlukan sobat bisa memakai condisioner alami semisal minyak kelapa, caranya cukup oleskan minyak kelapa secukupnya, ratakan dengan tangan kemudian tutup dengan handuk yang hangat.

4. Jika sobat terpaksa harus menggunakan pengering, atur pada level yang rendah dan berhenti sebelum rambut benar-benar kering. Lebih baik lagi jika sobat mengeringkan rambut dengan handuk.

5. Perlakukan helai demi helai rambut sobat dengan lembut, jika perlua tidak usah menyisir atau menyikat rambut hingga kering.

6. Gunakan sampo ringan saat mencuci rambut, yang mengandung zat pelembab. Pastikan untuk mencuci rambut sobat dengan pelan sehingga minyak alami rambut tidak berkurang.

7. Jangan menggunakan gel ketika rambut sobat benar-benar kering, karena akan menghilangkan kandungan minyak alami pada rambut.

8. Setelah diluruskan, diwarnai atau dikeriting rambut menjadi kering akibat dari proses kimiawi. pada kondisi demikian, jangan lakukan pemijatan karena kondisi rambut yang rapuh dan mudah patah. Perawatan yang benar, rambut harus dimasker 2-3 kali seminggu selama 1 bulan pertama. Baru pada bulan berikutnya pemberin masker dan creambath dapat dilakukan secara bergantian. hasilnya rambut lebih lembut dan kuat.

10. Untuk perawatan dari dalam, mengkonsumsi vitamin rambut sangatlah dianjurkan.

Di atas adalah beberapa tips memelihara dan memperbaiki rambut yang rusak yang bukuqw dapatkan dari berbagai sumber. Semoga Tips Memelihara Dan Memperbaiki Rambut Kusam bisa bermanfaat untuk para sobat bukuqw khususnya kaum hawa.

BACA JUGA:

  1. Tips kecantikan herbal
  2. Khasiat buah mentimun
  3. Tips membingkai mata